Sukses

Terus Mengeong, Ini 5 Alasan Kucing Maine Coon Mudah Lapar

Liputan6.com, Jakarta Kucing Maine Coon dikenal memiliki fisik yang jauh lebih besar dibandingkan ras lainnya. Bisa mencapai 9 kilogram untuk kucing jantan dan 6 kilogram untuk betina, ras ini wajib memiliki jadwal makan yang teratur agar terhindar dari kelebihan berat badan. Terus mengeong meminta makanan, 5 alasan berikut ini jadi penyebab hewan peliharaanmu selalu kelaparan.

Sering Muntah

Saking semangatnya mendekati waktu makan, kucing Maine Coon sering melahap makanannya terlalu cepat hanya untuk memuntahkannya kembali. Tanpa ada makanan yang sempat tercerna, tidak heran jika hewan peliharaanmu akan kembali lapar dalam waktu singkat. Untungnya, ada cara untuk memperlambat kebiasaan makan Maine Coon yaitu dengan menggunakan wadah khusus sekaligus memberikan stimulasi fisik dan mental.

Mengalami Hair Ball

Masalah ini umum terjadi pada semua kucing, terutama yang berbulu cukup panjang. Saat menjilati tubuhnya, bulu yang rontok akan tertelan dan menumpuk di saluran cernanya. 

Beberapa kucing beruntung bisa membuangnya melalui kotorannya, yang lainnya mengalami kesulitan untuk memuntahkannya. Akibatnya, hal ini menghalangi kemampuannya untuk makan dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Akibatnya, Maine Coon merasa lapar dan terus mengeong meminta makanan.

2 dari 3 halaman

Punya Metabolisme Tinggi

Kucing Maine Coon tergolong cukup aktif dengan perkembangan yang cukup lambat. Mencapai dewasa pada kisaran 3-5 tahun, kucing yang sedang tumbuh ini biasanya memiliki laju metabolisme yang tinggi. Perlu makan lebih sering, pastikan saja untuk memberi porsi makan yang lebih kecil agar terhindar dari risiko kelebihan berat badan.

Salah Memilih Wadah Makan

Siapa sangka penyebab kucing Maine Coon selalu lapar bisa berasal dari wadah makannya. Kurang menyukai food bowl-nya, ras ini akan makan lebih sedikit sehingga membuatnya lebih sering merasakan lapar. Coba pilih mangkuk berbahan stainless steel yang lebih mudah dibersihkan dari bau makanan yang tertinggal serta ukurannya cukup dangkal untuk menghindari kumisnya terbentur sisi wadah makannya.

 

3 dari 3 halaman

Porsi dan Nutrisi yang Kurang

Apakah kucing Maine Coon terlihat menjilati mangkuknya setelah selesai makan? Bisa jadi hewan peliharaanmu membutuhkan lebih banyak makanan. Rasa lapar ini hanya bisa dipuaskan jika porsinya sudah sesuai dengan usia, jenis aktivitas, dan selera makannya. Pastikan ada cukup protein hewani untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya.

Berikan Muezza yang dirancang khusus oleh ahli nutrisi, dengan bahan alami yang diproses menggunakan teknologi modern. Bebas bahan sintetik, cat food ini membantu menjaga kucing tetap sehat dan aktif. Tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, kini tak perlu ragu memberikan makanan dengan memegangnya secara langsung, membersihkan wadah makannya di tempat cuci piring yang sama, atau saat terkena liur kucing.

Tersedia dalam 4 varian rasa yang menggugah selera makan kucing, dapatkan Muezza dengan membelinya via Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*/eth)