Sukses

Terobosan dari AQUA, Tinggal Klik Sampah Botol Plastik Langsung Dijemput untuk Didaur Ulang

Liputan6.com, Jakarta Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pertama kali diperingati pada 21 Februari 2006 yang bertujuan untuk mengajak masyarakat turut aktif dalam mengelola sampah. Untuk mendukung usaha pemerintah tersebut, AQUA menghadirkan Gerakan Bijak Berplastik pada tahun 2018. 

AQUA telah terlebih dahulu memelopori kemasan ramah lingkungan di tahun 1983, lewat AQUA galon, untuk memastikan 70% bisnisnya sirkular. AQUA kemudian mengambil langkah lebih besar untuk membantu penyelesaian sampah plastik di Indonesia dengan meluncurkan AQUA Life yang terbuat dari 100% plastik daur ulang dan 100% bisa didaur ulang kembali.

Di bawah payung Gerakan Bijak Berplastik, AQUA terus berinovasi, terutama untuk kemasan yang lebih ramah lingkungan. Baru-baru ini, AQUA meluncurkan botol kaca yang bisa dikembalikan (untuk pasar B2B), serta kemasan botol 600ml yang terbuat dari 100% plastik daur ulang, r-PET (recycled PET).

Ya, kemasan r-PET sepenuhnya dapat didaur ulang dan difungsikan lagi menjadi botol baru. 

Kemasan AQUA 600ml yang terbuat dari plastik daur ulang telah hadir di Bali sejak Desember 2020. Kemasan ini dapat dikenali dari labelnya yang bertanda dua panah melingkar. Tentunya botol tersebut sudah dipastikan keamanannya, memenuhi kriteria pangan, SNI, BPOM, dan tersertifikasi halal.

2 dari 2 halaman

Dampak Sosial dari Upaya AQUA untuk Ekonomi Masyarakat

AQUA telah berhasil mengumpulkan 13.000 ton sampah plastik setiap tahun melalui 6 unit bisnis daur ulang (RBU) mereka yang tersebar di Indonesia. Hal ini sejalan dengan ajakan pemerintah bagi para pelaku bisnis untuk meningkatkan implementasi bisnis yang lebih ramah lingkungan dan mengurangi limbah produksi. 

Selaras dengan tema HPSN 2021 ‘Sampah Bahan Baku Ekonomi di Indonesia,” AQUA pun ingin menunjukkan bagaimana skema ekonomi sirkular dapat menjadi jawaban atas isu yang ada. Oleh karena itu, AQUA aktif menginisiasi berbagai upaya berkelanjutan yang dapat sekaligus berkontribusi terhadap ekonomi masyarakat.

Sebagai inisiasi awal, AQUA bekerja sama dengan aplikasi Octopus untuk memaksimalkan pengumpulan botol plastik di Bali. Melalui aplikasi ini, konsumen dimudahkan dengan penjemputan sampah plastik langsung dari rumah mereka untuk kemudian dibawa ke RBU AQUA atau bank sampah terdekat.

Inisiatif ini juga dapat meningkatkan efisiensi dan pendapatan pemulung yang berasal dari pengumpulan sampah plastik. Ditambah lagi, konsumen akan mendapatkan poin atas setiap botol yang mereka kirimkan untuk didaur ulang. Poin yang terkumpul dapat ditukar dengan kupon atau disumbangkan ke pemulung sekitar. AQUA juga membuka lapangan pekerjaan kepada para pemulung sebagai supervisor proses pembersihan dan daur ulang sampah plastik menjadi produk baru di RBU mereka. 

AQUA menyadari penanganan sampah membutuhkan kerja sama erat dari berbagai elemen masyarakat  Maka dari itu, AQUA juga berkolaborasi dengan komunitas lokal seperti Malu Dong dan Yayasan Bali Wastu Lestari dalam meningkatkan pemahaman masyarakat sehingga semakin bertanggung jawab dan mengerti cara memilah sampah yang baik di Bali. Harapannya adalah semakin banyak individu yang tergerak untuk mulai dari hal terkecil sekalipun. Karena langkah kecil yang terkumpul pun dapat membawa perubahan besar di kemudian hari.

Sedangkan untuk di daerah Jakarta, Depok, Tangerang Selatan dan Bekasi, para konsumen dapat menggunakan aplikasi GrabExpress Recycle. Konsumen dapat langsung mengumpulkan botol dan gelas plastik serta kardus bekas, dan dikirim melalui aplikasi Grab menggunakan GrabExpress Recycle. Hanya perlu klik dan sampah dijemput oleh Grab driver, mudah bukan?

Begitupun dengan sekolah-sekolah, tempat futsal, dan restoran di wilayah Jakarta, Tangerang Selatan, dan Bekasi yang dapat menggunakan jasa Kami Angkut dengan menghubungi fasilitas mitra Recycling Business Unit AQUA yang dekat dengan wilayah mereka. 

 

Menyambut Hari Peduli Sampah Nasional tahun ini, AQUA pun beraspirasi untuk terus meningkatkan perannya dalam mencari solusi terhadap isu sampah plastik melalui inovasi dan inisiatif berkelanjutan lainnya, serta mengimplementasikannya ke daerah-daerah lain di Indonesia.

Melalui solusi penanggulangan sampah kemasan plastik yang dimiliki dan terintegrasi, AQUA berharap dengan berbagai program, kolaborasi, dan inovasi kemasan yang dihadirkan dapat mendorong konsumen untuk mulai peduli dan memilah sampah dari rumah dan semakin selektif dalam memilih produk yang mendukung kebaikan untuk alam. Hari Peduli Sampah Nasional ini menjadi sebuah momentum bagi masyarakat untuk Indonesia yang lebih bersih  dan #BijakBerplastik.

 

(*)