Sukses

Pramugari Bocorkan Minuman Menjijikkan yang Jangan Dikonsumsi Saat Terbang

Melalui video viral, seorang pramugari mengungkap jenis minuman yang sebaiknya dihindari selama terbang.

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum pandemi, penyajian makanan dan minuman di pesawat bukanlah fenomena aneh. Kendati, demi menekan transmisi COVID-19 , beberapa maskapai memutuskan tak lagi memberi sajian selama penerbangan, mengingat adanya kemungkinan penyebaran virus melalui percikan air liur.

Di tengah kondisi itu, dalam sebuah video viral di TikTok, seorang pramugari membocorkan jenis minuman yang jangan sampai dikonsumsi karena menjijikkan. Saran pertama dari pemilik akun @katkamalani  tersebut adalah jangan pernah meminum minuman yang bukan dari kemasan botol maupun kaleng.

"Alasannya karena tempat penampungan air tak pernah dibersihkan, dan itu menjijikkan," tuturnya. "Coba tanya pada kru kabin pesawat, kami sangat jarang meminum teh atau kopi yang airnya berasal dari tempat penampungan itu."

Ia kemudian menunjukkan tempat penampungan air yang dimaksud, dan menyebut bahwa, kecuali rusak, itu tak pernah dibersihkan sama sekali. Beberapa bagian memang dibersihkan di antara penerbangan, namun tak pernah secara menyeluruh.

Karenanya, Kat menyarankan bagi para orangtua untuk tak pernah meminta air panas dari tempat penampungan itu untuk ditaruh di dalam botol susu anak. Sebagai ganti, lebih baik minta air biasa di dalam botol untuk nantinya dihangatkan.

"Janji pada saya bahwa Anda tak akan pernah meminumnya," tulis si pramugari di keterangan unggahan yang pada Sabtu sore, 13 Februari 2021 telah ditonton empat juta kali tersebut. Video ini pun memunculkan pertanyaan, benarkah demikian?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Air Minum di Pesawat Tak Bersih?

Menurut laman Buzzfeed yang dilansir Sabtu, 13 Februari 2021, Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) Amerika Serikat sebenarnya telah mewajibkan air minum bersih dalam penerbangan. Namun, dalam sejumlah studi, baru-baru ini, air minum di beberapa maskapai ditemukan tak terlalu bersih.

Video tersebut pun mengundang beragam reaksi warganet, di mana beberapanya mengaku menyesal karena telah meminum teh atau kopi yang air panasnya dari tempat penampungan tersebut selama mereka terbang.

"Terima kasih atas tipnya untuk berjalanan saya berikutnya, walau tak tahu kapan itu," tulis salah satunya.

"Saya memang tak pernah percaya dengan makanan dan minuman pesawat. Saya lebih baik makan makanan atau minuman dalam kemasan selama terbang. Berikan saya itu saja," sambung yang lain.

3 dari 3 halaman

Cara Hindari COVID-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.