Sukses

Berendam di Onsen Diklaim Bisa Turunkan Risiko Infeksi Covid-19 hingga 90 Persen

Tapi, onsen yang dimaksud bisa menurunkan risiko infeksi Covid-19 bukan tempat sembarangan.

Liputan6.com, Jakarta - Onsen dikenal sebagai tempat berendam air panas tradisional ala Jepang. Budaya berendam di onsen masih terjaga hingga kini meski zaman sudah modern.

Sebuah tempat pemandian air panas, Kusatsu Onsen bukanlah tempat berendam biasa. Pasalnya, berendam di pemandian air panas ini diklaim bisa mengurangi infeksi Covid-19.

Melansir Sora News, Sabtu, 6 Februari 2021, berdasarkan penelitian yang dilakukan Universitas Gunma di mata air Yubatake yang menjadi sumber air Kusatsu Onsen, air tersebut ternyata sangat efektif menetralkan virus Covid-19. Namun, tidak demikian bila hanya menjadi air keran biasa.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, tes yang dilakukan pada aliran air di resor itu diklaim dapat membunuh lebih dari 90 persen virus hanya dalam 20 detik. Kabar itu tentu membuat masyarakat senang, bahwa fasilitas di Jepang yang begitu disukai ini memiliki efek positif.

Para peneliti menekankan bahwa bahan kimia apa pun yang bekerja di air ini mungkin juga membuatnya tidak layak untuk dikonsumsi manusia. Peneliti juga tidak menyarankan untuk menyuntikkannya ke dalam tubuh. Ini tentu kabar baik untuk pelaku usaha pariwisata onsen di Jepang.

Berkat penemuan ini, mereka berencana mendirikan mata air panas untuk cuci tangan alami di tiga area sekitar Yubatake. Mereka juga berencana menjualnya dalam bentuk botol untuk pembersih tangan yang unik.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih Perlu Penelitian Lanjutan

Peneliti menekankan bahwa keefektivitasannya masih perlu banyak kajian. Namun, hasil penelitian awal menarik perhatian warga hingga mereka semangat cuci tangan.

Pemandian sumber mata air panas Jepang menjadi bisnis yang paling terpukul akibat pandemi. Cara tersebut mungkin bisa membangkitkan kembali usaha mereka.

Karena mata air panas Jepang telah menjadi salah satu bisnis yang paling laris akibat pandemi, ini mungkin terbukti efektif untuk melindungi keuntungan mereka dari virus mematikan juga. (Melia Setiawati)

3 dari 3 halaman

Manfaat Mandi Air Dingin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.