Sukses

Gaya Rambut dan Busana Jennie BLACKPINK Dituding Mencuri Budaya China

Liputan6.com, Jakarta - Girl grup asal Korea Selatan, BLACKPINK, baru saja sukses menggelar konser online pertama mereka, Minggu, 31 Januari 2021. Masih dalam euforia momen itu, para member, termasuk Jennie, membagikan deretan foto mereka di akun Instagram pribadi.

Perempuan yang baru merilis kanal YouTube sendiri itu tampil memesona memakai atasan merah serupa kelopak bunga mawar dengan rambut dikepang membentuk lingkaran. Dalam beberapa foto, Jennie BLACKPINK terlihat mengenakan knee boots hitam dan sarung tangan bermotif bunga yang mencapai bagian tengah lengannya.  

Melansir Kpop Starz, Rabu (3/2/2021), meski foto-foto tersebut tak menimbulkan kontroversi di antara sebagian besar penggemar, tapi publik China tak berpikir demikian. Di Weibo, penelusuran real-time menunjukkan "Jennie mengenakan pakaian Hong Haier (Red Boy)" berada di peringkat tertinggi pada Senin, 1 Februari.

Menurut kebanyakan orang di platform tersebut, pakaian dan gaya rambut Jennie untuk penampilan solonya mirip pakaian Red Boy. Ia adalah karakter novel Journey to the West yang juga dikenal sebagai Boy Sage King dan merupakan anak Putri Iron Fan.

Red Boy diceritakan sebagai pelindung wilayah pegunungan yang memiliki kemampuan supranatural tentang api dan merupakan salah satu tokoh utama dalam cerita ini. Dalam film Journey to the West, Red Boy terlihat dengan kuncir rambut dinilai serupa gaya rambut Jennie dalam pakaian merah tersebut.

Karena itu, pengguna Weibo mengecam idol K-pop ini telah "mencuri" budaya China. Banyak orang juga yang menyatakan bahwa sangat memalukan jika Jennie "mencuri" pakaian seorang anak yang kini jadi tokoh populer dalam budaya China.

2 dari 4 halaman

Bukan Kehebohan Pertama

Sebelumnya, kontroversi serupa juga pernah mendera BLACKPINK pada November 2020. Kala itu, agensi grup yang debut pada 2016 itu, YG Entertainment, membagikan preview episode 25/365 BLACKPINK.

Di sana, para pelantun Lovesick Girls itu terlihat mengunjungi Everland untuk bertemu dan bermain dengan bayi panda. Mereka terlihat merawat panda sambil diawasi penjaga kebun binatang. Interaksi tanpa masker atau sarung tangan yang dilakukan pun dinilai berbahaya bagi bayi panda.

Banyak juga yang mengungkap bahwa tak aman bagi bayi panda untuk bersentuhan dengan riasan dan kosmetik. Sementara, member BLACKPINK terlihat sering menurunkan wajah mereka untuk melihat panda.

Belum lagi berbicara mereka tinggal dengan anjing peliharaan. Pasalnya, banyak bayi panda menderita penyakit yang dapat ditularkan melalui anjing. Akhirnya, YG Entertainment meminta maaf dan memilih tak merilis episode tersebut. (Melia Setiawati)

3 dari 4 halaman

Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: