Sukses

4 Aroma Essential Oil untuk Bantu Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Liputan6.com, Jakarta - Essential oil atau minyak esensial tentu bukanlah produk yang asing bagi kebanyakan orang. Edukasi dan macam-macamnya pun makin familiar supaya setiap orang bisa memilih essential oil sesuai kebutuhan mereka. Salah satu opsinya dihadirkan Capsen Essential Oil.

Berdasarkan keterangan resmi pada Liputan6.com, baru-baru ini, mereka menawarkan empat varian aroma, yaitu Citrus, Floral, Woodsy, dan Herbal. Keseluruhannya diklaim bermanfaat untuk kebutuhan aromaterapi maupun penyembuhan.

Maskot brand ini, Bob & Bod, dikisahkan berkeliling dunia membawa essential oil dari berbagai negara, serta memanfaatkan hasil sulingan pertama. Produknya diklaim sebagai Therapeutic Grade Essential Oils Grade AAA, tingkat paling tinggi, yang telah dikurasi ahli aromaterapi dan ahli minyak esensial bersertifikat.

Dibuat dari 100 persen buah-buahan atau tanaman, rangkaian produknya hadir mengakomodasi masyarakat yang kian peduli pada kesehatan fisik maupun mental, terutama di tengah situasi pandemi seperti sekarang. Bahan-bahannya didatangkan dari berbagai tempat, seperti chamomile dari Spanyol, lavender asal Prancis, geranium dari Afrika Selatan, serta peppermint dari Amerika Serikat.

Setiap produk diklaim murni tanpa kandungan wewangian sintetik. "Essential Oil adalah produk yang rentan. Perbedaan suhu, kualitas tanah dan lokasi buah atau tanaman itu ditanam akan menentukan kualitas minyak esensial yang dihasilkan," ucap Richard, ahli aromaterapi bersertifikat Capsen Essential Oil.

"Untuk itu, kami mendatangkan minyak esensial dari sumbernya dengan hasil riset yang mumpuni di negara asalnya supaya efek yang dirasakan pengguna tetap sesuai standar terapim," sambungnya.

 

2 dari 4 halaman

Memilih Aroma Sesuai Kebutuhan

Hadir dalam tiga jenis, yaitu pure essential oil, mint essential oil, dan blend essential oil, manfaat yang diberikan Capsen Essential Oil bermacam-macam. Mulai dari menangkal serangga, melancarkan sistem pencernaan, membantu meringankan sakit kepala, hingga menutrisi kesegaran kulit dan kesehatan rambut.

Juga, membantu mengatasi insomnia, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, mengurangi kecemasan, serta menstimulasi perasaan bahagia dan nyaman. 

Melansir laman Vogue US, Jumat, 22 Januari 2021, Hope Gillerman, seorang aromatherapist, sekaligus penulis buku Essential Oils Every Day: Rituals and Remedies for Healing, Happiness, and Beauty, yang harus dipahami, essential oil bukanlah pengganti obat medis. "Menghirup uap minyak esensial secara instan mengubah pola otak Anda dan dapat membantu merasa lebih tenang dan membumi," katanya.

Lebih lanjut ia memaparkan jenis essential oil sesuai kebutuhan. Bagi Anda yang ingin mengatasi kecemasan berlebih, bisa memanfaatkan aroma vetiver, neroli, clary sage, dan geranium. Sementara, harum lavender, kamomil, dan mawar dimanfaatkan untuk relaksasi maupun mendapat kualitas tidur lebih baik.

Fokus secara mental? Anda bisa menghirum essential oil aroma peppermint dan rosemary. Aroma kayu putih, peppermint, rosemary, cemara, dan kapulaga bisa dimanfaatkan untuk merangsang energi dalam tubuh. Demi memperbaiki mood, Anda bisa memanfaatkan aroma bergamot, ylang ylang, melati, jeruk nipis, dan lemon.

Sedangkan, meredakan otot yang terlalu tegang bisa dilakukan dengan menghirup aroma akar wangi, peppermint, helichrysum, dan pinus. Melengkapi rangkaian essential oil Anda, semua produk Capsen Essential Oil bisa didapatkan di laman capsen.id dan Shopee.

3 dari 4 halaman

4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi COVID-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: