Sukses

3 Destinasi Wisata yang Ditutup Imbas Erupsi Gunung Merapi

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Merapi kembali erupsi setelah mengeluarkan awan panas pada hari ini, Senin (18/1/2021). Sejumlah destinasi wisata di sekitar kawasan itu harus ditutup terkait peningkatan erupsi Gunung Merapi

Di Magelang, misalnya, ada tiga objek wisata yang sejak 9 November 2020 masih ditutup hingga saat ini. Ketiganya adalah Ketep Pass, Air Terjun Kedung Kayang, dan Jurang Jero.

"Tiga destinasi wisata yang masih ditutup adalah Ketep Pass, Kedung Kayang, dan Jurang Jero. Penutupan itu sudah dilakukan sejak 9 November 2020 sampai hari ini," ujar Kepala Bagian Pemasaran Ketep Pass dan sekaligus Ketua Forum Daya Tarik Wisata Magelang saat dihubungi Liputan6.com, Senin (18/1/2021).

Edward menjelaskan tiga destinasi wisata tersebut berada di Kawasan Rawan Bencana III (KRB III) Gunung Merapi. Ia tak tahu kapan tiga destinasi dekat Merapi tersebut akan dibuka kembali.

"Sampai ada kebijakan dari pemerintah setempat dan Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG). Yang jelas, lokasi wisata itu baru bisa dibuka jika memang sudah benar-benar aman bagi pengunjung," imbuh Edward tentang tiga lokasi wisata itu.

2 dari 3 halaman

3 Destinasi Wisata

Ketep Pass

Ketep Pass merupakan destinasi wisata yang berada di Ketep, Magelang, Jawa Tengah. Objek wisata ini dikembangkan dengan ciri khas wisata kegunungapiaan, khususnya Gunung Merapi.

Di tempat ini terdapat beberapa fasilitas menarik yang bisa dikunjungi wisatawan, seperti Museum Vulkanologi, Bioskop Mini, teropong, gardu panjang, dan pelataran pancaarga. Di bioskop mini menyajikan tentang sejarah Gunung Merapi.

Air Terjun Kedung Kayang

Objek wisata ini berada di Desa Wonolelo, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Dengan volume air yang cukup besar, Kedung Kayang ini memiliki tinggi sekitar 40 meter.

Destinasi wisata alam ini berada di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Lokasi wisata ini bisa ditempuh melalalui jalan utama Boyolali-Magelang.

Jurang Jero

Objek wisata ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) di Desa Ngargosoko, Srumbung, Magelang. Jurang Jero memiliki potensi atraksi wisata alam menarik, seperti pemandangan Gunung Merapi, hutan pinus, camping ground, dan lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: