Sukses

Detik-detik Penyelamatan 11 Wisatawan Terjebak Banjir di Lokasi Wisata Serdang Bedagai

Liputan6.com, Serdang Bedagai Tim Search and Rescue (SAR) Medan berhasil menyelamatkan 11 orang wisatawan yang terjebak banjir di lokasi wisata Pemandian Batu Jalur, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut) Selasa (12/1/2021) dini hari WIB.

Informasi diperoleh Liputan6.com, Kondisi Membahayakan Manusia (KMM) berawal saat 1 keluarga asal Batang Kuis, Deli Serdang, berwisata di Pemandian Batu Jalur yang berada di Desa Perbahingan, Kotarih, Serdang Bedagai, Senin (11/1/2021).

Awalnya debit air sungai biasa saja dan tidak terlalu deras. Saat keluarga tersebut berada di tengah, air sungai tiba-tiba meluap. Mereka panik dan naik ke atas batu besar yang ada di sana, dan tidak ada yang berani mengambil risiko menyeberangi banjir.

Keluarga tersebut menunggu di sana berharap debit air segera turun. Namun hingga malam hari, banjir tidak kunjung surut. Warga akhirnya menghubungi kantor SAR Medan untuk meminta pertolongan agar wisatawan tersebut dievakuasi.

"Informasi diperoleh personel siaga Kantor SAR Medan dari warga setempat," kata Humas Kantor SAR Medan, Sariman Sitorus.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Bergerak ke Lokasi

Setelah mendapat informasi, Kepala Kantor SAR Medan, Toto Mulyono, memerintahkan tim untuk segera berangkat ke lokasi banjir. Tim berangkat membawa perahu LCR dan 1 perahu rafting untuk mengevakuasi korban.

Setibanya di lokasi, tim SAR Medan bersama warga dan pihak terkait langsung berupaya mengevakuasi wisatawan yang merupakan 1 keluarga tersebut, terdiri dari 7 orang dewasa dan 4 orang anak-anak.

"Seluruhnya warga Batang Kuis," jelas Sariman.

3 dari 4 halaman

Identitas Wisatawan

Adapun identitas yang terjebak banjir akibat arus deras yaitu 7 orang dewasa yakni Faridah (73), Nur Laili (57), Diana (38), Menasari (30), Dek Lang (37), Heri (37), dan Agus (40). Sedangkan 4 orang anak-anak yakni Albar (5), Abizar (3), Bilqis (9) dan Zahra (6).

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut ini: