Sukses

Arti Lambaian Tangan Kru Bandara Sesaat Pesawat Lepas Landas

Liputan6.com, Jakarta -  Ada banyak kebiasaan saat naik pesawat terbang yang sering kita lihat dan alami tapi mungkin belum kita tahu maknanya. Misalnya saat pesawat akan take off atau lepas landas, Anda mungkin bertanya-tanya kenapa ada kru bandara yang melambaikan tangan yang terlihat dari luar jendela.

Seorang pramugari bernama Sisi Asih juga mengungkap arti dari kebiasaan tersebut yang ternyata punya makna mendalam. Masih dalam suasana duka tragedi Sriwijaya Air SJ-182 pada 9 Januari 2020, banyak warganet yang tersentuh hatinya saat melihat unggahan video dari akun TikTok @sisi.asih.

Dalam video yang diunggah pada 10 Januari 2021 tersebut, terlihat dari jendela pesawat beberapa kru bandara melambaikan tangan ketika pesawat lepas landas.

"Lambaian tangan ini adalah sebuah penghormatan terakhir yang akan selalu melepas kepergian kami mengudara," ungkap Sisi Asih yang juga seorang selebgram.

Di awal video, Sisi Asih juga menampilkan cuplikan saat ia menarik koper dan juga menuliskan bahwa menarik koper tersebut seperti membawa sebagian besar dari hidupnya. Ia pun tak pernah lepas memanjatkan doa dan melaksanakan salat di dalam pesawat, demi keselamatan bersama.

Dalam video yang membuat publik seketika terenyuh itu, terekam pula momen saat seorang pramugari menjalankan ibadah salat. Meski dilakukan dengan seadanya, pramugari itu tampak khusyuk disambung berdoa.

Kata pengunggah, doa selalu berisi harapan agar para kru pesawat dan penumpang selamat dan bisa pulang ke keluarga masing-masing dengan selamat.

2 dari 4 halaman

Air Mata Menetes

"Entah berapa banyak doa kami panjatkan, demi keselamatan dan keamanan penerbangan agar kami dan para penumpang bisa kembali ke pelukan orang-orang tersayang," tulis sang pramugari.

"Apakah ini our last goodbye?""sambungnya dengan kembali memperlihatkan momen saat petugas bandara melambaikan tangan. Terakhir, dalam video curhatan pramugari itu, terdapat ucapan belasungkawa untuk para korban pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

Banyak warganet yang tersentuh hatinya saat melihat video tersebut. Seperti yang diungkap @retnoramadhanti, "Nangis banget sama bapak yang melambai di luar."

"Nyesek dan sedih ketika melihat video ini. Merinding gak kerasa air mata menetes," kata pemilik akun @Ichalifa19. "Hampir atau setiap pekerjaan memiliko resiko yang sama," timpal akun @Lyla_rumi.

Sampai berita ini ditulis, video tentang pesawat lepas landas yang diunggah seorang pramugari tersebut sudah dilihat lebih dari 1,5 juta kali dan disukai lebih dari 252 ribu kali.

3 dari 4 halaman

Deretan Kecelakaan Pesawat di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: