Sukses

Catat Daftar Bandara yang Layani Rapid Test Antigen Beserta Biayanya

Mulai Rp170 ribu, sejumlah bandara ini menyediakan layanan rapid test antigen. Tapi, beberapa di antaranya khusus hanya bagi penumpang pesawat.

Liputan6.com, Jakarta - Mengantisipasi lonjakan kasus virus corona baru saat dan setelah periode libur Natal dan Tahun Baru, sejumlah daerah memperbarui dokumen syarat masuk ke wilayah masing-masing. Beberapa di antaranya wajib menyertakan hasil negatif uji rapid test antigen.

Berkaca pada kebijakan itu, sederet bandar udara (bandara) di berbagai daerah pun menyediakan layanan tes COVID-19 tersebut. Berikut daftarnya beserta biaya yang mesti Anda keluarkan untuk menikmati layanan tersebut.

Bandara Soekarno Hatta

Berdasarkan informasi di akun Instagram resmi, pihak bandara menginformasikan bahwa layanan tes COVID-19, termasuk rapid test antigen, tersedia di Airport Health Center di Terminal 2 dan Terminal 3 yang beroperasi setiap hari selama 24 jam.

Rapid test antigen sendiri dibanderol Rp200 ribu. Hasil pemeriksaan akan keluar 15 menit atau sesuai kondisi antrean. Karenanya, bagi penumpang yang hendak melakukan tes COVID-19, disarankan untuk datang empat jam sebelum keberangkatan.

Supaya tak terlalu antre, Anda juga bisa melakukan pemesanan layanan pre-order. Caranya, registrasi atau log in ke laman Travelation. Kemudian, pilih fiitur Health, klik Airport Healt Center. Pilih waktu dan lokasi tes. Klik Search dan pilih layanan tes COVID-19.

Masukkan nomor penerbangan dan biodata sesuai permintaan. Setelah selesai, pilih Reserve. Setelahnya, Anda tinggal datang ke lokasi bandara di waktu yang telah dipilih untuk melakukan tes COVID-19 tersebut.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Layanan rapid test antigen di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berlokasi di area Ex-Gedung Wisti Sabha, dekat terminal keberangkatan domestik. Layanan ini tersedia setiap hari mulai pukul 07.00--19.00 WITA.

Menurut unggahan akun Instagram resmi, biaya yang dikenakan adalah Rp170 ribu dengan hasil pemeriksaan keluar dalam waktu kurang lebih 15 menit. Selain penumpang pesawat, tes ini juga bisa dilakukan masyarakat umum.

Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang

Biaya rapid test antigen dibanerol Rp170 ribu dan hasilnya dapat diketahui dalam satu jam. Selain mengutamakan penumpang, layanan ini juga dapat dinikmati masyarakat umum. Pihaknya hanya mengimbau tes dilakukan H-1 atau setidaknya tiga jam sebelum keberangkatan.

3 dari 5 halaman

Bandara Internasional Yogyakarta

Berlokasi di lantai mezzanine sisi timur penghubung gedung Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), pihaknya menyediakan layanan tes rapid test antigen dengan biaya Rp170 ribu. Hasil pemeriksaan akan keluar sekitar 30 menit setelahnya.

Sebagai catatan, sejak Rabu, 24 Desember 2020, layanan rapid test antigen hanya berlaku bagi penumpang pesawat. Karenanya, harus menunjukkan KTP dan boarding pass saat melakukan pendaftaran. Layanan ini sendiri dibuka hingga pukul 16.00 WIB setiap harinya.

Bandara Internasional Juanda Surabaya

Rapid test antigen dilayani setiap harinya di area pelataran parkir kendaraan roda empat Terminal 1 (T1) Bandara Internasional Juanda, Surabaya seharga Rp170 ribu. Jam layanannya tercatat pukul 07.00--15.00 WIB dan hasil dapat diambil kurang lebih 60 menit setelahnya, tergantung lama antrean.

4 dari 5 halaman

Bandara Bandara Husein Sastranegara Bandung

Bandara Husein Sastranegara menyediakan layanan rapid test antigen seharga RP175 ribu dan hasilnya akan keluar sekitar 15 menit. Layanan tes COVID-19 ini berada di lantai dua, aksesnya di samping kanan hall depan bandara. Pemeriksaan dimulai pukul 07.00--17.00 WIB.

Bandara Kualanamu Medan

Dengan tarif Rp200 ribu, layanan rapid test antigen di Bandara Kualanamu, Medan, berada di di lantai mezzanine. Layanan ini beroperasi pukul 04.00--20.00 WIB dengan hasil keluar sekitar 15--30 menit setelahnya, tergantung antrean.

Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru

Layanan rapid test antigen pun tersedia di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Pekanbaru, Riau dengan tarif Rp200 ribu. Layanan tersebut dibuka setiap hari pukul 06.00-- 19.00 WIB dengan hasilnya dapat diketahui sekitar 15 menit setelah pemeriksaan.

 

5 dari 5 halaman

Infografis 6 Cara Hindari COVID-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.