Sukses

Lion Air Luncurkan Layanan Premium untuk Perjalanan Umrah dan Religi Muslim

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu pemerintah Arab Saudi sudah membuka pintu bagi jemaah Indonesia untuk melaksanakan ibadah umrah. Sejumlah penerbangan pun sudah dilakukan oleh beberapa maskapai, termasuk Lion Air Group.

Hari ini, Selasa (15/12/2020), Lion Air (kode penerbangan JT) meresmikan penerbangan pertama umrah periode 1442 hijriah atau 2020-2021 dengan rute Surabaya melalui Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB) tujuan Jeddah melalui Bandar Udara Internasional King Abdulaziz, Arab Saudi (JED).

Seluruh pelaksanaan operasional penerbangan dan persyaratan bagi awak pesawat serta tamu jamaah dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, mereka juga meluncurkan layanan terbaru “Premium Service” pada penerbangan jarak jauh (long haul) dengan memfasilitasi para tamu (jamaah umrah) sebagai jamaah pertama dengan terbang nyaman menggunakan pesawat berbadan lebar (wide body) Airbus 330-300CEO.

"Kami menawarkan layanan mencakup bagasi, makanan di dalam pesawat (inflight meals) tersedia dalam kelas bisnis dan ekonomi, hiburan selama perjalanan (inflight entertainment), musik religi, audio video pada setiap kursi," terang Danang Mandala Prihantoro. Corporate Communications Strategic of Lion Air.

Mereka juga sudah mempersiapkan awak kabin untuk membantu kemudahan komunikasi dari bahasa. Pengoperasian Airbus 330-300CEO dinilai tepat, menjadi bagian pendukung model bisnis dan mencerminkan usaha mereka dalam memperluas jaringan dengan tata letak kursi lorong ganda (double aisle) terdiri dari 18 kelas bisnis dan 374 kelas ekonomi.

"Pelaksanaan umrah menawarkan program 10 hari, guna memenuhi kebutuhan perjalanan ibadah bagi setiap jamaah yang berasal dari Jawa Timur dan sekitarnya. Lion Air memproyeksikan, permintaan untuk pasar ini akan terus meningkat," lanjut Danang.

Dalam pelaksanaan umrah ini, Lion Air bekerjasama bersama Dream Tour sebagai mitra perjalanan (tour and travel) dalam General Sales Agent (GSA). 

2 dari 4 halaman

Menambah Kota-kota Lainnya

Kemitraan Dream Tour bersama Lion Air Group ini dalam rangka mengakomodir permintaan pasar perjalanan religi muslim. Rencana strategis perusahaan jangka berikutnya, juga akan menambah dari kota-kota lainnya yang sudah dilayani sebelumnya. Layanan umrah Lion Air menargetkan tingkat kinerja ketepatan waktu (on time performance/OTP) rata-rata 92 persen.

Upaya tersebut sejalan memberikan layanan istimewa kepada jamaah umrah sebagai tamu berdasarkan sistem terstruktur dan komprehensif antara perawatan pesawat, operasional di bandar udara serta keputusan cepat dan tepat. Dalam operasional setiap penerbangan, Lion Air selalu menerapkan budaya keselamatan (safety culture) dan mengutamakan aspek keselamatan serta keamanan penerbangan (safety first).

Seluruh armada dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat. HEPA filter bekerja efektif dengan tingkat 99,9+ persen menghilangkan partikel seperti virus, bakteri dan jamur sebelum udara kembali didistribusikan (sirkulasi) ke kabin.

Hal itu dilakukan Lion Air untuk pelaksanaan operasional penerbangan yang memenuhi unsur-unsur sebagai upaya tidak menyebabkan penyebaran virus termasuk Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

3 dari 4 halaman

Penerbangan Murah di Terminal 2 Soekarno-Hatta

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: