Sukses

Pengantin Baru di India Mundurkan Bulan Madu demi Bersih-Bersih Pantai

Liputan6.com, Jakarta - Usai menikah, pasangan pengantin biasanya berbulan madu ke tempat-tempat yang indah dan eksotis. Namun hal berbeda dilakukan pasangan asal India, Anudeep dan Minusha Hegde. Baru-baru ini, beredar video pengantin baru tersebut sedang membersihkan sampah di Pantai Someshwara, India.

Pasangan ini mengakui aksi tersebut bukanlah sesuatu yang direncanakan sebelumnya karena sebenarnya keduanya ingin melakukan perjalanan bulan madu. "Bisakah dua orang membuat perbedaan?," cuit Anudeep di akun Twitternya. Dalam video tersebut, pantai dipenuhi botol plastik, sandal, pembungkus makanan, dan masih banyak lagi.

Keduanya pun mengambil kantong plastik dan mulai memilah-milah sampah. Pria berusia 31 tahun tersebut turut menyampaikan, bahwa ia tidak tahan melihat tumpukan sampah yang kerap diabaikan warga setempat. Ia pun mulai berdiskusi dengan istrinya agar membersihkan pantai terlebih dahulu sebelum pergi bulan madu.

"Kami ingin melakukan berbulan madu di luar negeri, tetapi tidak dapat melakukannya karena pemberitahuan waktu pernikahan yang singkat dan sedang dalam situasi pandemi," ungkap Anudeep, dilansir dari laman The New Indian Express, Senin (14/12/2020).

Mereka kemudian memilih menghabiskan waktu di kampung halaman Anudeep di Baindur di Karnataka, keduanya biasa mengunjungi pantai Someshwara. Di sana membuat mereka menyadari bahwa orang-orang memperlakukan pantai seperti tempat pembuangan sampah seperti botol alkohol, sandal dan benda-benda limbah lainnya yang berserakan di pantai. Keduanya pun memutuskan untuk bersih-bersih pantai.

"Saya memang aktif terlibat dalam pembersihan pantai dengan tim saya di tempat berbeda, di mana pun saya tinggal sebelumnya. Jadi, saya bertanya kepada istri saya tentang hal itu (membersihkan pantai) dan dia langsung setuju. Begitulah awalnya," lanjut Anudeep.

Sejak 27 November hingga 5 Desember 2020, mereka sudah mengumpulkan banyak sampah baik sampah kecil maupun yang lebih besar. Sedangkan berat sampah yang sudah dikummpulkan mencapai sekitar 800 kilogram. Meski orangtua sang suami sempat menganggap tindakan putranya aneh karena membawa istrinya mengutip sampah usai menikah, akhirnya mereka memahami jika keduanya punya tujuan yang baik.

"Awalnya mereka mengira saya gila karena membawa istri saya yang baru menikah ke pantai untuk memungut sampah. Terutama ayah saya khawatir saya akan memaksa istri saya, namun akhirnya mereka mengerti kalau kami berdua menikmati apa yang kami lakukan," terangnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Diikuti Warga Setempat

Aksi pasangan pengantin baru ini mendapat banyak pujian dan tanggapan yang membangun di media sosial. Mereka tak hanya menyulap pesisir pantai menjadi lebih indah dan bersih, tapi juga berhasil menggerakkan masyarakat setempat yang pelan-pelan mengikuti aksi melestarikan kawasan pantai.

"Tidak pernah terbayangkan dalam mimpi saya kalau hal ini akan terjadi. Kami berdua mencintai alam dan kami ingin tetap fokus ke arah yang sama," pungkas Anudeep. Selain di India, pasangan pengantin baru di Amerika Serikat (AS) juga melakukan hal yang unik.

Pasangan itu adalah Kerry-Anne (35) dan Michael Gordon (42) yang menikah di Hotel Logan, Philadelphia pada Juni lalu. Dilansir dari People, keduanya masih mengenakan gaun pernikahan dan setelan jas saat berfoto dengan latar belakang ribuan demonstran yang melawan ketidakadilan rasial dan kebrutalan polisi yang dipicu oleh kematian warga kulit hitam bernama George Floyd.

Pasangan pengantin baru itu sempat membuat kerumunan demonstran menepi. Mereka seakan memberikan ruang bagi pasangan tersebut untuk menikmati momen bahagia. Kerry-Anne dan Michael pun tak melewatkan kesempatan yang diberikan, bergandengan tangan dan berciuman di tengah jalan.

3 dari 3 halaman

Indonesia Sumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua Sejagat