Sukses

Sosok Model Asal Kanada yang Berfoto Tanpa Busana Saat Menunggangi Gajah di Bali

Liputan6.com, Jakarta -  Wisata naik gajah sudah lama menimbulkan kontroversi. Di sejumlah tempat yang memiliki populasi gajah yang besar, mereka kerap kali disewakan untuk membantu wisatawan menjelajahi tempat baru sambil mendapatkan pengalaman naik gajah.

Mungkin terdengar seru dan menarik, padahal di lain sisi pilihan tersebut justru dapat melukai dan menyiksa gajah. Hal ini menjadi viral diketahui awam, setelah instagram @komentatorpedas mengunggah ulang unggahan milik iqbalhimawan pada 2018.

"Saya bertobat. Saya nggak akan pernah naik gajah lagi, meskipun di India. Saya nggak akan bersenang-senang di atas penderitaan mahluk pintar yang punya empati ini," tulis Iqbal.

Berdasarkan penjelasan Iqbal lebih lanjut, saat kita menunggangi gajah, tindakan tersebut dapat melukai punggung gajah. Tanda gajah sudah kesakitan biasanya terlihat ketika mereka mengeluarkan air mata.

Belum lama ini, foto influencer dan model Jessica Rast saat naik gajah kembali viral. Jessica Rast adalah model untuk Miss Maxim sekaligus influencer yang kerap traveling ke berbagai negara.

Yang terbaru, Jessica Rast tampak mengunjungi Bali. Lewat unggahan Instagram, model asal Kanada tersebut membagikan momen-momen liburan miliknya. Ini bukan pertama kalinya Jessica mengunjungi Bali.

Dilansir dari laman Daily Star, 18 November 2020, foto lama Jessica saat di Bali kini kembali viral. Sekitar dua tahun lalu, Jessica pernah berpose tanpa busana di atas gajah. Foto tersebut diambil setelah Jessica merasa terinspirasi dengan keindahan alam yang dilihatnya saat di Australia.

2 dari 3 halaman

Foto Artistik

Saat menyambangi Bali, Jessica terlihat berbaring di atas gajah yang ada di sebuah hutan. "Foto ini diambil dengan situasi tenang, ada pawang binatang yang membantuku mengambil foto," terang Jessica.

Meski begitu, foto Jessica dari dua tahun silam tersebut tetap dihujat terutama oleh aktivis binatang. Sederet organisasi pecinta binatang seperti Humane Society of the US dan Associations of Zoos and Aquariums telah lama mengecam wisata mengendarai gajah.

Alasannya, gajah kerap disiksa oleh pawang binatang saat berlatih agar bisa dinaiki turis. Sementara itu, Jessica memilih untuk mendeskripsikan foto tersebut sebagai sebuah "seni". "Apakah kau merasa foto artistik ini menyinggungmu? Untukku, semuanya (dan semua orang) adalah seni," tulisnya dalam keterangan foto.

Meski menjadi kontroversi, foto tersebut tetap disukai penggemar Jessica dan mendapat ribuan likes. Sedangkan di liburannya di Bali kali ini, Jessica tampak mengunggah foto-foto di pantai dan hutan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: