Sukses

Misi Mball Digital Dukung UMKM Lokal Bali Go Digital dan Bertumbuh

Mball Digital memberikan free shot untuk para UMKM lokal sebagai bentuk dukungan dan bantuan sukarela terhadap sesama pengusaha lokal.

Liputan6.com, Jakarta Mball Digital merupakan usaha di bidang fotografi dari Badung, Bali yang didirikan oleh Muhamad Agus Mahardika dan sudah berjalan sekitar 3 tahun. Mball Digital berasal dari kata“Manusia Digital”.

Kecintaan Agus terhadap dunia digital khususnya fotografi menjadi latar belakang lahirnya Mball Digital. Di samping usaha Mball Digital, Agus sendiri merupakan influencer, content creator dan fashion fotografi di Bali. Pemilik akun Instagram @kavabali ini telah memiliki 425 ribu follower.

Bekerja sama dengan teman-teman yang memiliki minat fotografi, Agus memberikan free shot untuk para UMKM lokal sebagai bentuk dukungan dan bantuan sukarela terhadap sesama pengusaha lokal. 

"Saya membantu para UMKM yang ada di Bali untuk lebih go digital, cara mengembangkan bisnis. Mball Digital ini memberikan jasa secara gratis," ujar Agus.

 

 

Seiring perkembangannya, Mball Digital terus tumbuh dan berkembang dengan sukses. Di masa pandemi saat ini, Mball Digital terus berkomitmen memberikan fasilitas gratis untuk para umkm dan UKM, mulai dari foto shot, exposure barter, memberikan mereka free iklan di instastory setiap harinya, serta membekali kemampuan digital marketing. Secara berkala, Mball Digital juga menggelar workshop via zoom untuk UMKM baru. 

 

"Dalam kelas ada materi branding, copywriting dan content marketing. Belajar mengambil foto yang bagus dan menarik. Pelajaran di kelas itu berdampak sangat positif pada penjualan yang kita lakukan," Desi, peserta seminar gratis Mball Digital.

Setiap project fotografi dan digital, Agus mempekerjakan daily worker dari kalangan mahasiswa yang tiap project-nya digaji dengan kisaran Rp 800.000,- s/d Rp 1.500.000,- untuk MUA, Lighting dan Runner atau maksimal Rp 2.500.000,- Tiap project pengerjaannya maksimal 2 – 3 hari.

Sebagian pendapatan dari endorse dan fashion fotografi kerap disisihkan oleh Agus untuk membantu UMKM lokal Bali perihal digital marketing dan fotografi.

 

Melalui Mball Digital ini, Agus berharap agar usahanya menjadi pionir dan contoh untuk usaha lokal digital marketing lainnya bahwa kita mampu dan berpotensi untuk dilirik oleh semua agency. 

Atas keunikan usaha ini, Mball Digital berhasil menjadi 18 finalis ajang Kreatif Lokal Award 2020 yang diselenggarakan oleh Adira Finance. 

“Lewat Kreatif Lokal Award 2020, 18 pelaku wirausaha telah menunjukkan prestasi kinerja mengagumkan dengan memberdayakan masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan kreativitas, sehingga meningkatkan taraf hidup dirinya sendiri dan lingkungan sekitar. Kami berharap mereka dapat menginspirasi kita semua, serta memberikan semangat untuk bersama-sama bangkit dan bersinergi dalam memajukan perekonomian Indonesia,” jelas Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli.

Kreatif Lokal Award 2020 merupakan bagian dari rangkaian acara Festival Kreatif Lokal 2020, sebuah kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance bekerja sama dengan Kemenparekraf RI bertemakan #BangkitBersamaSahabat yang diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021 mendatang. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Adira Finance terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

Total UKM yang mengikuti ajang Kreatif Lokal Award 2020 mencapai 1.079 UKM yang terdiri dari binaan Kemenparekraf RI, konsumen Adira Finance dan masyarakat umum. Penghargaan Kreatif Lokal Award diserahkan pada 13 November 2020, bertepatan dengan HUT ke-30 Adira Finance.

Berikut ini pemenang Kreatif Lokal Award 2020:

  • Kategori Kuliner: Dewi Fatimah, Dewi Home Crab dari Banten.
  • Kategori Video: Faisal Ilyas, Aceh Documentary dari Aceh.
  • Kategori Fashion: Reza Yuliani, Ezmour dari Bogor, Jawa Barat.
  • Kategori Fotografi: Ahyar Muawwal, Kotak Narsis dari Makassar, Sulawesi Selatan
  • Kategori Kriya: Muhammad Ikhwan, Dekardekor Shop dari DKI Jakarta.
  • Kategori Pertunjukan: Andin Destian, Serumpun Lima dari Balikpapan, Kalimantan Timur.
  • Juara Favorit: Aceh Documentary dari Aceh

Informasi selengkapnya seputar Festival Kreatif Lokal 2020, klik di sini.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini