Sukses

5 Destinasi Wisata Seru di Semarang untuk Liburan Akhir Tahun

Liputan6.com, Jakarta – Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Kamu sudah ada rencana mau liburan ke mana di momen libur panjang akhir tahun ini? Jika masih bingung, wisata ke Semarang bisa jadi pilihan seru.

Bisa dijangkau dengan praktis melalui bus, Semarang punya banyak destinasi wisata seru untuk rayakan pergantian tahun. Tenang saja, semua tempat wisata di Semarang sudah menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah sehingga kamu bisa liburan tanpa khawatir.

Namun, ingat untuk mematuhi protokol kesehatan dan tetap pakai masker di mana saja. Berikut ini ada 5 destinasi wisata seru di Semarang yang bisa masuk ke itinerary libur akhir tahun kamu.

1. Lawang Sewu

Walaupun punya kesan misterius, tapi rasanya kurang lengkap jika liburan ke Semarang tanpa mampir ke Lawang Sewu yang legendaris ini. Bangunan klasik tersebut masih terawat hingga kini. Dulunya Lawang Sewu merupakan kantor kereta api di zaman penjajahan.

Desain interior maupun eksterior Lawang Sewu begitu menawan, khas Eropa dengan banyak pintu dan jendela berukuran besar dan tinggi dengan cat putih yang khas.Meski punya cerita seram, namun Lawang Sewu tetap ramai peminat. Baik itu warga asli Semarang atau wisatawan dari daerah lain. Tiket masuknya juga tergolong murah, hanya Rp5.000 untuk anak-anak dan pelajar serta Rp10.000 untuk orang dewasa.

2. Puri Maerokoco

Jika Jakarta punya Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Semarang punya Puri Maerokoco yang merupakan Taman Mini versi Jawa Tengah. Tak hanya menampilkan rumah adat (anjungan) dari 35 kabupaten atau kota yang ada di Jawa Tengah, disini juga ditampilkan berbagai macam hasil industri masing-masing daerah.

Tak hanya anjungan, di sini juga ada hutan mangrove yang bisa dijelajahi dengan berjalan kaki, naik sampan dan kayuh sendiri atau naik perahu mesin.Di sini juga ada kafe di tengah hutan mangrove yang diberi nama angkringan ngambang. Bisa jadi spot asyik makan dengan teman atau keluarga dan tentu saja berburu foto untuk media sosial kamu!

Puri Maerokoco juga punya arena playground, waterboom, flying fox hingga paintball. Cocok untuk destinasi wisata bersama keluarga di Semarang.

3. Candi Gedong Songo

Terletak di wilayah Gunung Ungaran, Candi Gedong Songo juga merupakan tempat wisata populer di Semarang.Selain menikmati keindahan bangunan candi, kamu juga akan disuguhkan pemandangan hijau yang menenangkan mata di candi yang terletak di kaki Gunung Ungaran ini.

Sesuai dengan namanya, candi ini punya 9 bangunan candi yang tersebar di beberapa titik dengan jarak satu-sama lain yang tidak terlalu jauh dan ada akses jalan setapak mulus yang bisa dilalui.Kamu juga bisa menyewa kuda untuk mengunjungi semua bangunan candi di kompleks Candi Gedong Songo ini.

4. Dusun Semilir

Tempat wisata edukatif dan juga instagramable ini juga patut dikunjungi. Berada di Kecamatan Bawen, Dusun Semilir hadir dengan arsitektur yang unik. Kamu akan disapa oleh bangunan berbentuk stupa candi yang terbuat dari bambu yang begitu indah.

Ada juga spot berfoto di Kandangan raksasa, jejeran jerapah dengan chandelier, sungai buatan ala Venesia, mini zoo, miniatur kampung Eropa yang instagramable sekali, danau buatan, area outbond dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga restoran yang tak kalah instagramable-nya dengan pilihan menu yang beragam dan pemandangan yang wah.

Jika main ke sini, jangan lewatkan kesempatan untuk seluncur di Perosotan Pelangi warna warni setinggi 30 meter yang pastinya seru abis.Di sini juga ada toko suvenir yang diberi nama Toko Warisan berisi barang-barang kerajinan, batik dan aksesoris yang punya interior unik dan keren untuk latar berfoto.

5. Goa Kreo

Ingin menikmati pemandangan indah Semarang dari sudut lain? Kamu bisa mengunjungi Goa Kreo yang konon adalah tempat petilasan Sunan Kalijaga. Untuk bisa sampai ke goa, kamu harus menuruni puluhan anak tangga terlebih dahulu. Tapi jangan kaget karena di sekitar lokasi ini banyak monyet ekor panjang yang duduk santai di jembatan.

Awasi dan jaga barang bawaan kamu agar tidak diambil oleh monyet ini.Selain itu, ada banyak spot foto menarik yang bisa kamu manfaatkan di sini. Kamu juga bisa naik perahu mengelilingi Waduk Jatibarang karena goa ini berada di tengah waduk.

Sudah tidak sabar untuk liburan akhir tahun ke Semarang? Segera pesan tiket bus kamu sebelum kehabisan. Salah satu operator bus terpercaya untuk rute Jakarta-Semarang adalah PO Lorena yang sudah berdiri sejak tahun 1970. Kamu bisa beli tiketnya secara online di Traveloka!

Naik PO Lorena pesan di Traveloka sangat mudah, aman, dan tentunya telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Pesan tiketnya dari sekarang untuk liburan akhir tahun yang berkesan!