Sukses

Apakah Daging Termahal Versi Guinness World Record?

Liputan6.com, Jakarta - Sepotong daging dari Spanyol mendapat sertifikat Guinness Record sebagai daging termahal di dunia. Daging tersebut adalah daging yang berasal dari bagian belakang kaki babi.

Baru-baru ini, seorang produsen daging ham Spanyol mengumumkan bahwa ia menjual potongan daging tradisional Iberia paling mahal. Potongan daging tersebut dibeli orang Jepang seharga 14,1 ribu dolar AS atau setara Rp200 juta lebih.

Julio Revilla, Presiden Sierra Mayor Jabugo, seorang produsen daging Iberia yang berbasis di Corteconcepcion, wilayah Huelva Spanyol, mengatakan bahwa potongan daging yang memecahkan rekor itu disiapkan mengikuti instruksi ketat dari pembeli. Mereka meminta agar ham tersebut berasal dari babi Iberia berusia dua tahun dan setidaknya telah merumput di Pegunungan Sierra Mayor selama 100 hari.

Menurut Julio, bobot hewan itu mencapai 100 kilogram (kg) dan makanannya berupa biji pohon ek dan tumbuhan. Terakhir, periode pengeringan untuk daging ini berlangsung selama lima tahun, dua kali lipat periode pengeringan normal untuk daging ham premium, dilansir dari Oddity Central, Rabu, 7 Oktober 2020.

Menurut pernyataan yang diunggah di situs Sierra Mayor Jabugo, daging ini 100 persen berasal dari babi Iberia murni berkualitas Bellota dan diproses pada usia dua tahun. Babi ini pun dibesarkan di padang rumput Sierra Mayor di Provinsi Badajoz dan Huelva.

Sepotong daging ham seberat 10 kg telah melebihi masa pengeringan wajib lima tahun saat dikirim ke pembeli, bulan lalu. Daging Iberia baru-baru ini ditampilkan di acara TV Jepang The Fair Price.

Berdasarkan laman Guinness World Record, kaki daging ham termahal yang ada adalah ham Iberia Bellotta. Daging tersebut dijual seharga 1,429 juta yen atau setara Rp200 juta dan dibeli oleh Taishi Co. Ltd.

2 dari 3 halaman

Daging-Daging Termahal di Dunia

Selain daging ham, ada juga daging lain yang harganya fantastis. Berdasarkan laporan FoodBeast, daging fugu atau ikan buntal juga terbilang mahal. Harganya mencapai 135 dolar AS atau Rp1,9 juta per 450 gram.

Ada pula kobe wagyu atau sapi Jepang. Daging sapi ini dipelihara dengan standar tertinggi dan dijual 300 dolar AS atau Rp4,4 juta per 450 gram.

Lalu, ayam cemani. Ayam ini dikenal lewat daging, serta tulang berwarna hitam. Ayam ini dipercaya untuk pengobatan dan dikembangbiakkan di Amerika Serikat. Pemiliknya mematok harga sebesar 2,5 ribu dolar AS atau Rp36 juta per ekor.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: