Sukses

Solusi Menguntungkan bagi Kreator Konten Penyelenggara Event Online

Layanan ini terbuka bagi siapa saja dengan beragam keahlian untuk menyelenggarakan acara secara daring.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 mengubah wajah beragam industri di Tanah Air, termasuk industri event dan hiburan. Kondisi krisis ini turut membuat para pelaku di dalamnya harus beradaptasi dan memunculkan tren menggelar event online.

Head of LOKET Tubagus Utama menyampaikan, masa pandemi turut berimbas kepada event creator, event organizer, hingga promotor. Tak sedikit dari mereka yang terpaksa membatalkan acara, mengubah waktu pelaksanaan, hingga memilih mengubah acara dari offline ke online.

"Menurut saya, ini adalah tantangan dan ujian besar untuk kalangan industri event dan hiburan Indonesia. Namun, kita tidak boleh menyerah dengan keadaan dan harus bangkit. Kita coba hadir untuk bisa melakukan yang terbaik untuk event creator yang terdampak pandemi," kata Tubagus dalam peluncuran LOKET Live Studio, Selasa (22/9/2020).

Sejalan dengan komitmen itu, VP Commercial LOKET Ario Adimas menyebut, sekitar Maret--April, pihaknya menghadirkan kampanye event online, di mana kala itu, bagi mereka yang membuat event di LOKET telah dapat memilih lokasi dengan feature online. Mereka pun dapat memasukkan link, namun link tersebut dapat dimasukkan berbagai jenis platform eksternal dan terbuka streaming eksternal.

"Kita menemukan satu problem, platform eksternal ini rata-rata link-nya tidak unique sehingga ketika ada orang membeli dan dapat link streaming, akan ada potensi dia menyebarkan link-link ke orang lain yang tidak membayar, sehingga ini akan tidak fair untuk para penyelenggara event online," ungkap Ario.

Saat itu, pihaknya menghadirkan LOKET Live yang difokuskan untuk para event creator yang memiliki acara online yang cukup besar. Hal ini karena pihaknya melihat upaya tersebut akan membangkitkan semagat dan gairah industri terkait event online.

"Menariknya kami meluncurkan satu update, di mana teknologi tiket live integrasi antara ticketing, access control, dan streaming kami bawa ke level yang lebih massive, which is semua orang bisa streaming tanpa infrastruktur yang ribet," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dorong dari Sisi Ekonomi

Dikatakan Ario, seseorang memiliki laptop dengan webcam di rumah telah bisa membuat membuat profesional online event. Profesional yang pihaknya garis bawahi adalah event online yang benar-benar bisa mengarah ke event online yang berbayar, di mana pemilik event yang diyakini memiliki keahlian apapun layak dihargai dan bisa memakai platform LOKET Live Studio dan menjual tiketnya sehingga menjadi pemasukan tambahan.

"Hal ini sangat penting di era pandemi, di mana ketidakpastian akan pemasukan terjadi di banyak hal, ada yang tiba-tiba di layoff, terkena pengurangan gaji, entrepreneur yang menghadapi ombang-ambing dunia usaha sehingga pemasukan berkurang," jelasnya.

Lewat layanan terbaru ini, disebutkan Ario, setiap orang yang memiliki keahlian dapat membuat event online dan menjual tiketnya. "Ketika live streaming bisa langsung dilaksanakan tanpa harus mencari studio yang proper bisa langsung streaming di depan laptop," ungkapnya.

Adapun fitur-fitur yang tersedia di layanan ini adalah mode pratinjau atau preview, di mana pengguna dapat mengakses mode ini dapat saja setelah acara dibuat. Lalu set video input, pengguna dapat mengatur input video internal atau eksternal.

Terdapat pula live chat, pengguna dapat berinteraksi dengan pemirsa melalui fitur ini. Lalu set audio input, pengguna dapat mengatur input audio internal atau eksternal, serta share screen, di mana pengguna dapat berbagai konten mereka dengan mudah melalui webcam di layar laptop.

Untuk memanfaatkan layanan ini, kreator dapat membuka halaman LOKET dan memilih fitur buat event. Selanjutnya dapat mengikuti langkah-langkah yang disediakan dan mengaktifkan layanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.