Sukses

Pangeran George dan Putri Charlotte Ternyata Tak Pakai Gelar Kerajaan di Sekolah

Liputan6.com, Jakarta - Kedua anak Pangeran William-Kate Middleton, Pangeran George dan Putri Charlotte, siap kembali ke sekolah minggu ini. Seperti anak lain di dunia, selama berbulan-bulan keduanya belajar dari rumah setelah sekolah ditutup sementara akibat COVID-19.

Dua bangsawan muda ini sekarang masing-masing duduk di kelas 3 dan tahun pertama di sekolah Thomas's Battersea di barat daya London, Inggris. Meski Pangeran George dan Putri Charlotte adalah anak-anak paling terkenal di dunia, gelar kerajaan mereka ternyata tak disebutkan di sekolah.

Kakak beradik itu dikenal hanya sebagai George Cambridge dan Charlotte Cambridge oleh teman sekolah mereka, nama belakang yang diambil dari gelar orangtua mereka. Tradisi serupa juga diberlakukan pada Pangeran William dan Pangeran Harry yang mengambil gelar Pangeran Charles, Wales, sebagai nama keluarga di sekolah.

Anggota keluarga kerajaan secara tradisional memang tak menggunakan nama keluarga. Mereka hanya dikenal lewat nama depan dan gelar Yang Mulia di mata publik.

Mereka juga bisa dikenal dengan nama rumahnya, seperti Windsor. Pemakaiannya bisa saja berbeda dengan nama belakang mereka, seperti Mountbatten-Windsor. Deklarasi yang dibuat Ratu Elizabeth II di Dewan Penasihat pada 1960 mengatakan bahwa keturunan laki-laki raja tanpa gelar kerajaan akan diberi nama Mountbatten-Windsor.

Ketika sepupu Pangeran George, Archie, lahir Mei tahun lalu, orangtuanya, Pangeran Harry dan Meghan, memilih tak memberi gelar pada putra mereka. Karenanya, ia memiliki nama keluarga Mountbatten-Windsor.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Pangeran William

Pangeran William bicara tentang bagaimana perasaannya mendapati anak-anak kembali ke sekolah setelah aturan pembatasan wilayah dicabut. Hal ini disampaikannya saat bertemu petugas tanggap darurat di Irlandia Utara pada Rabu, 9 September 2020, 

"Saya pikir setiap orangtua bisa bernapas lega karena sekolah telah dimulai lagi. Lima bulan (anak belajar di rumah) sungguh luar biasa, tapi jadi lima bulan yang panjang," kata ayah tiga anak ini.

Anak bungsu Pangeran William dan Kate, Pangeran Louis, yang berusia dua tahun pada April lalu, kemungkinan akan mulai nursery pada Januari 2021. Louis bisa mengikuti jejak kakak perempuannya, Charlotte, dan bersekolah di Willcocks Nursery School, Kensington.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: