Sukses

Momen Panda Mei Xiang Melahirkan di Kebun Binatang Nasional Smithsonian

Dengan persalinan itu, panda Mei Xiang sudah melahirkan empat kali.

Liputan6.com, Jakarta - Penghuni Kebun Binatang Nasional Smithsonian di Washington DC bertambah. Seekor panda raksasa bernama Mei Xiang melahirkan, Jumat malam, 21 Agustus 2020.

Kebun binatang tersebut mengumumkan kelahiran panda tersebut melalui akun Twitter, menulis bahwa panda melahirkan pada 18:35 waktu setempat. Ibu baru itu "merawat bayinya dengan penuh perhatian." Namun, jenis kelamin anak panda itu belum segera ditentukan, dilansir dari Fox News, Sabtu (22/8/2020).

Sang ibu terlihat dalam siaran langsung meringkuk dengan anaknya dan tampaknya itu pertanda baik. "Perilaku mengasuh yang positif termasuk merawat anaknya dan memeluknya erat," tulis pihak kebun binatang.

Kebun binatang itu ditutup untuk pengunjung selama berbulan-bulan karena pandemi COVID-19. Tempat tersebut sekarang hanya menerima pengunjung dalam jumlah terbatas, tetapi penggemar panda dapat mengawasi Mei Xiang dan panda raksasa kebun binatang lainnya, Tian Tian, melalui kamera online.

Sebelumnya, pada Jumat, 21 Agustus2020, kebun binatang mengumumkan bahwa panda berusia 22 tahun tampaknya akan melahirkan. Ia gelisah dan mulai menjilati tubuhnya, yang merupakan tanda akan melahirkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Empat Kali Melahirkan

Ini kali keempat Mei Xiang berhasil melahirkan anak. Tiga anaknya sebelumnya, yakni Tai Shan, Bao Bao dan Bei Bei, dikirim ke China pada usia empat tahun sesuai kesepakatan dengan pemerintah China. Yang terbaru, Bei Bei, meninggalkan kebun binatang pada November 2019 lalu.

Panda raksasa dianggap "rentan" oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam dan Sumber Daya Alam. World Wildlife Fund (WWF) memperkirakan hanya ada 1.800 panda yang tersisa di alam liar.

Panda terkenal sangat sulit berkembang biak di kebun binatang. Mei Xiang sendiri menjalani inseminasi buatan sebelum melahirkan. Pihak kebun binatang mengatakan sangat gembira dengan kelahiran panda tersebut dan menyebutnya sangat berharga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.