Sukses

Menengok Aksi Gajah di Kebun Binatang AS Berlatih Yoga

Liputan6.com, Jakarta - Columbus Zoo and Aquarium baru-baru ini mengunggah sebuah video melalui akun Facebook yang cukup mengejutkan banyak orang. Video yang dibagikan tersebut menampilkan gajah tengah berolahraga.

"Program latihan gajah kami, atau "yoga gajah" tersedia untuk membantu memastikan bahwa setiap anggota kami tetap sehat ketika ia bertambah tua," demikian bunyi keterangan video, seperti dilansir dari Hindustan Times, Minggu (26/7/2020).

Dilanjutkan, saat ini dua gajah bernama Connie dan Hank adalah fokus utama dari program latihan ini. Masing-masing dari gajah menerima sesi latihan setidaknya empat kali dalam seminggu.

"Connie adalah gajah tertua kami di usia 45 tahun, dan berolahraga secara teratur menjaga otot dan persendiannya dalam keadaan baik sehingga ia tetap aktif dan bergerak selama masa geriatri," tambah keterangan itu.

Sementara, Hank adalah gajah terbesar yang dimiliki kebun binatang yang berlokasi di Ohio, Amerika Serikat tersebut dengan berat hanya di bawah 15 ribu pound atau setara 6.800 kilogram. Dikatakan, maka penting bagi otot dan persendian sang gajah untuk tetap sehat seiring bertambahnya usia.

Video dimulai dengan salah seorang staf kebun binatang mengatakan mereka akan menunjukkan gajah akan latihan. Lalu berlanjut dengan gajah yang mengikuti instruksi dari staf dan mulai berlatih.

"Fokus latihan tidak harus untuk penurunan berat badan, tetapi itu bisa menjadi bonus tambahan," bunyi keterangan tersebut.

2 dari 3 halaman

Tujuan dari Latihan

Kebun binatang menambahkan, sesi "yoga gajah" juga merupakan satu cara untuk memperkuat hubungan positif yang tim Animal Care bagikan dengan gajah-gajah. Sementara, gajah yang bergabung dalam latihan, menerima camilan sehat sebagai hadiah atas keikutsertaan mereka.

"Ini juga memberi penjaga kesempatan untuk melatih beberapa perilaku baru, seperti mendorong gajah untuk melakukan putaran 360 atau mengangkat kaki depan dan belakang pada sisi yang sama dari tubuh mereka pada saat yang sama sehingga kita bisa melihat mereka dengan lebih baik," jelas keterangan itu.

Sejak diunggah pada 5 Juli lalu, video gajah tengah berlatih ini telah disaksikan puluhan ribu kali dan lebih dari 6 ribu reaction. Ragam tanggapan juga ditulis warganet di kolom komentar.

"Sangat luar biasa menyaksikan mereka melakukan yoga. Terima kasih telah berbagi ini dengan kami," tulis seorang warganet. "Wow! Ini luar biasa! Terima kasih telah berbagi," lanjut warganet lainnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: