Sukses

11 Negara yang Masih Terbebas dari Pandemi Corona

Meski diragukan sejumlah negara, Korea Utara termasuk dalam daftar 11 negara yang masih terbebas dari pandemi corona.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 3,9 juta orang di seluruh dunia dan menyebabkan lebih dari 275 ribu orang meninggal dunia, sampai dengan Sabtu, 9 Mei 2020.

Meski demikian masih ada beberapa negara di dunia yang sampai saat ini berhasil terhindar dari Covid-19.

Dilansir dari Gulf News, 5 Mei 2020, sudah 210 negara telah terinfeksi corona setelah kasus pertama diidentifikasi di China pada Desember 2019, berdasarkan penelitian dari John Hopkins University di Baltimore, Amerika Serikat.

Selain itu, ada 11 negara masih bebas dari pandemi corona. Negara-negara itu adalah Korea Utara, Turkmenistan, Kepulauan Solomon, Vanuatu, Kiribati, Negara Federasi Mikronesia, Nauru, Niue, Palau, Samoa, dan Tonga.

Sebagian besar dari daftar itu merupakan negara-negara yang berupa pulau kecil di tengah lautan. Selain 11 negara itu, ada 10 tempat lagi yang bebas dari COVID-19. Namun wilayah-wilayah itu ada di dalam negara seperti Inggris, Amerika Serikat, Prancis dan Australia.

Meski diragukan sejumlah negara terutama yang skeptis dengan gaya kepemimpinan Kim Jong-un, Korea Utara termasuk dalam daftar 11 negara yang masih terbebas dari pandemi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Negara di Tengah Lautan

Sejak wabah Corona mewabah, Korea Utara belum melaporkan adanya warga yang terinfeksi. Negara ini telah memberlakukan berbagai langkah karantina yang kejam untuk menghindari Covid-19.

Selain itu, negara pecahan Uni Soviet yang terletak di Asia Tengah ini juga termasuk tertutup dan jarang dikunjungi. Karena jarang diekspos ke dunia luar, sepertinya hal ini yang membuat Turkmenistan tidak memiliki kasus corona.

Sementara di negara-negara di tengah lautan seperti Vanuatu, Negara Federasi Mikronesia, Nauru, Kepulauan Solomon, Samoa, Niue, Palau, Kiribati dan Tonga tak terinfeksi Corona karena letaknya yang jauh dengan negara terinfeksi wabah corona Covid-19.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.