Sukses

Sosok Ri Sol-ju, Istri Kim Jong-un yang Punya Selera Fesyen Mahal

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah rumor meninggalnya Kim Jong-un yang begitu kencang berembus sejak beberapa waktu lalu, sosok saudara perempuannya, Kim Yo-jong yang disebut-sebut jadi calon kuat pengganti jika sang pemimpin Korea Utara tiada. Tetapi tak hanya dia, istri Kim Jong-un turut jadi sorotan.

Seperti sebagian besar soal Korea Utara, kehidupan pribadi Kim Jong-un diselimuti rahasia. Begitu pula, sedikit hal yang diketahui mengenai sang Ibu Negara, Ri Sol-ju.

Dilansir dari The Sun, Selasa (28/4/2020), Ri Sol-ju diketahui sebagai istri Kim Jong-un pada 2012. Saking misteriusnya, ia diyakini lahir antara 1985--1989, di mana kemungkinan ia berusia 35--40 tahun.

Sangat sedikit yang diketahui soal istri Kim Jong-Un. Namun, kemungkinan berasal dari keluarga elite yang sangat selektif di Korea Utara. Ayahnya dilaporkan adalah seorang profesor dan ibunya seorang dokter.

Ri Sol-ju diyakini telah belajar menyanyi di Tiongkok dan merupakan mantan anggota tim pemandu sorak Korea Utara yang bepergian ke Korea Selatan pada 2005 selama Kejuaraan Atletik Asia.

Ia dianggap sebagai ibu dari tiga anak, menurut laporan intelijen Korea Selatan. Namun, pemerintah rahasia Korea Utara belum mengonfirmasi info tersebut. Ri Sol-ju jarang muncul di publik, tetapi telah ambil peran yang lebih menonjol daripada Ibu Negara Korea Utara sebelumnya.

Ri Sol-ju biasanya terlihat ketika Kim Jong-un merayakan peluncuran uji coba rudal dan selalu tersenyum ketika dipotret dan mengenakan gaun pastel yang rapi. Pada 2018, ia menemani suaminya ke perjamuan puncak dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in dan istrinya, Kim Jung-sook.

Ia disebut-sebut telah menjalin persahabatan dengan Kim Jung-sook selama pertemuan puncak antar-Korea. Mereka bertemu lagi pada September 2018 di pertemuan puncak lainnya.

2 dari 3 halaman

Barang-Barang Branded

Mereka dilaporkan memiliki keterikatan lewat kecintaan pada musik. Ri Sol-ju ada di sisi suaminya saat hubungan menghangat antara Korea Utara dan Korea Selatan. Ri jadi sangat terkenal di Tiongkok setelah ia bersama sang suami berkunjung ke Beijing pada 2018.

Media pemerintah melaporkan ia mengenakan tiga busana berbeda selama kunjungan dua hari. Salah satunya adalah cropped jacket dan gaun senada dengan bros warna merah muda dan emas.

Pada acara lain, ia mengenakan mantel putih di atas gaun hijau pastel dan kemudian menggantinya menjadi gaun peplum warna krem. Ia dikenal karena seleranya dalam western fashion dan terlihat membawa tas mahal dari rumah mode Chanel hingga Dior.

Tetapi, barang-barang mewahnya telah menarik kritik internasional karena warga sipil Korea Utara telah berjuang selama bertahun-tahun di bawah kelaparan, kekeringan, dan kemiskinan yang meluas.

Di sisi lain, belum diketahui kapan tepatnya RI Sol-ju dan Kim Jong-un menikah. Dilaporkan pernikahan itu terjadi pada 2009 dan Ri melahirkan seorang anak di tahun berikutnya.

Pengenalan Ri ke publik terjadi pada 2012. Media Korea Utara menyebutkan, hal itu terjadi selama liputan pembukaan taman hiburan di Pyongyang.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: