Sukses

5 Objek Wisata di Pulau Galang yang Jadi Lokasi Rumah Sakit Darurat Corona Berdiri

Liputan6.com, Jakarta - Nama Pulau Galang di Kepulauan Riau semakin melejit saat kasus corona COVID-19 melanda Tanah Air. Di pulau ini kini dibangun sebuah Rumah Sakit Darurat Corona.

Menurut rencana, rumah sakit Pulau Galang ini mulai dioperasikan pada Senin, 6 April 2020. Saat ini, rumah sakit tersebut sedang tahap penyelesaian.

"Fasilitas observasi, penampungan, karantina ini maksimal Senin sudah bisa dioperasikan. Memang ada keterlambatan kemarin sekitar 3-4 hari karena transportasi bahan-bahan material dalam pengiriman terkendala cuaca," kata Presiden Joko Widodo.

Jauh sebelumnya, nama Pulau Galang sudah terkenal, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di mancanegara, khususnya Vietnam. Dulunya, pulau tersebut sempat menjadi kamp pengungsian warga Vietnam pada 1979-1996.

Kampung Vietnam itu kemudian menjadi salah satu objek wisata yang berada di Pulau Galang. Di tempat itu hingga saat ini masih terdapat peninggalan dari pengungsi Vietnam dan masih dijaga dan dilindungi.

Selain Kampung Vietnam, berikut destinasi wisata lainnya yang berada di kawasan Pulau Galang yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pantai-Pantai Lain

Pantai Melur

Pantai ini letaknya berdekatan dengan Kampung Vietnam. Selain menyajikan keindahan pesona bahari, tapi juga banyak cerita sejarah dari pengunjung para pengungsi Vietnam. Pantai berpasir putih ini landai dan tidak berkarang sehingga aman untuk berenang hingga 500 meter dari bibir pantai.

Pantai Mirota 

Pantai ini termasuk yang paling terawat sehingga ramai dikunjungi wisatawan, domestik maupun mancanegara. Rindangnya pepohonan sekitar pantai membuat pantai ini tenang dan asri sehingga ramai dikunjungi, baik saat hari biasa maupun saat libur.

Pantai Viovio

Pantai ini tidak jauh dari Jembatan Tuanku Tambusai atau populer dengan nama Jembatan Lima Barelang yang menghubungkan Pulau Rempang dan Pulau Galang. Lokasinya bersebelahan dengan Pantai Mirota.

Pantai Cakang

Pantai ini berada di kawasan Pulau Galang baru dan merupakan paling ujung. Pantai ini berada di Titik Referensi batas laut Kota Batam ini.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Unik, Potret Kompakan Baju Lebaran Ala Netizen