Sukses

Kisah Ridwan Kamil Tampung Anak yang Orangtuanya Korban Corona COVID-19

Ridwan Kamil berbagi kisah tentang seorang anak yang orangtuanya dirawat akibat corona COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Ada deretan kisah menyentuh di balik perjuangan dunia, tak terkecuali Indonesia, dalam melawan pandemi corona COVID-19. Satu di antaranya dibagikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Suami Atalia Praratya ini mengunggah sebuah potret dibalut nuansa hitam putih lewat akun Instagram pribadi pada Senin, 23 Maret 2020. Dalam potret ia terlihat bersimpuh di atas sajadah dengan kedua tangan menengadah.

Di sebelah Ridwan Kamil, ada seorang anak laki-laki yang wajahnya ditutup dan sengaja tak diungkap identitasnya, yang juga terduduk di atas sajadah sembari mengenakan sarung.

"Sebut saja namanya Dede. Anak lelaki cerdas yang sedang bersedih. "Pak, Aku kangen ayah dan bunda Pak" kata dia dengan lirih. Agak tak kuasa saya melihat raut wajahnya," tulisnya.

Ridwan berkisah, ia lantas membimbing anak laki-laki itu memakai sarung dan dipandu berdoa untuk kesehatan kedua orangtuanya yang tak bisa ditemuinya.

"Ia terpisahkan oleh takdir karena ayah ibunya sedang dirawat karena keduanya positif terkena virus covid-19. Orangtuanya terpapar karena pergaulan sosial yang kurang bisa ditahan. Dede sendiri, alhamdulillah dites dengan hasil negatif. Hebat kamu de," lanjutnya.

"Sementara dalam kondisi terpisah ini, ia saya tampung di rumah pribadi saya, sampai Insya Allah nanti orang tuanya sehat kembali dan bisa berkumpul bercengkrama dan berpelukan lagi," ungkap Ridwan Kamil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan Di Rumah Saja

Selain kisah tentang anak laki-laki yang ditampung sementara di rumahnya, Ridwan Kamil juga tak hentinya mengimbau seluruh masyarakat terkait pencegahan corona COVID-19.

"KARENANYA mohon tinggallah di rumah wahai para warga Jawa Barat tercinta dalam situasi ini. Jauhi kerumunan. Taati maklumat pemerintah. Laksanakan Social Distancing." tulisnya.

Besar harapnya tak ada lagi kasus seperti Dede yang akhirnya membuat anak-anak jadi korban dan terpisah dari orangtuanya karena ketidakdisiplinan dan keegoisan manusia dewasa.

"Semoga Allah Swt memudahkan segala ikhtiar kita dalam memerangi penyebaran virus ini. Jika kita disiplin, Insya Allah, #KitaPastiMenang." tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.