Sukses

Asal Mula Baju Koko yang Bikin Pria Muslim Ganteng Maksimal di Hari Lebaran

Berdasarkan sejarahnya, orang yang biasa memakai baju tui-khim adalah engkoh-engkoh. Jika diejak dalam bahasa Indonesia disebut koko.

Liputan6.com, Jakarta Ketika mengikuti pengajian, salat Jumat, bahkan merayakan Idul Fitri, mayoritas umat Muslim di Tanah Air menggunakan busana muslim. Ya, busana yang dikenakan apalagi kalau bukan namanya baju koko.

Tapi tahu enggak sih kamu, asal muasal atau sejarah baju koko? Jadi baju koko itu sebenarnya merupakan salah satu bagian atau unsur Tionghoa yang masuk ke budaya Betawi.

Dikutip dari Majalah Adhiluhung Pelestari Budaya Nusantara Edisi 03/2013 berjudul Wayang, Keris, Batik & Kuliner Tradisional dijelaskan bahwa baju koko berasal dari baju orang China, dikenal dengan sebutan tui-khim (dalam bahasa Hokkian). Baju koko yang biasa digunakan kaum pria itu tanpa kerah, terkadang ada sedikit aksesori bordir.

Baju koko pun biasa dipakai oleh kaum muslim untuk pergi ke masjid atau acara keagamaan, sehingga dikenal dengan sebutan baju muslim.

Kok Namanya Baju Koko?

Ternyata hingga awal abad ke-20, pria Tionghoa di Batavia masih mengenakan kostum tui-khim. Namun saat itu, mereka memadupadankan dengan celana komprang atau longgar, dan biasa digunakan untuk kegiatan harian.  

Sementara orang Betawi memadukan baju koko dengan celana batik. Nah menurut seorang budayawan, masih dikutip di buku yang sama, baju tui-khim disebut sebagai baju koko karena faktor masa lalu.

Berdasarkan sejarahnya, orang yang biasa memakai baju tui-khim adalah engkoh-engkoh. Jika diejak dalam bahasa Indonesia disebut koko. Jadilah kemudian disebut baju koko.  

Berburu Baju Koko

Begitulah sejarah baju koko yang biasa digunakan oleh kaum adam dan membuat mereka makin tampan ketika mengenakannya. Oh ya dari kebiasaan penggunaan baju koko, wajar bila akhirnya saat Lebaran banyak pria memburu busana muslim ini.

Ya, mal pasti padat jelan Bulan Ramadan. Sejumlah toko pakaian lain pasti ramai pengunjung. Nah daripada kamu berdesak-desakan dengan pengunjung lain, ada baiknya memilih baju koko dari toko online.

Kamu bisa mengandalkan Tokopedia untuk memenuhi kebutuhan tradisi belanja Ramadanmu, karena mulai 6 April 2020 Tokopedia menghadirkan program Promo Ramadhan. Keuntungan belanja di Tokopedia, kamu bakal 'THR' dan gratis ongkir sepuasnya tanpa minimun transaksi toko berlogo Power Badge dan Official Store.

Oh ya, belanja sepuasnya di Tokopedia juga memberikanmu peluang untuk mendapatkan Paket Umrah Gratis. Gimana, menarik banget kan? Yuk, penuhi semua kebutuhan Ramadan di Tokopedia. Serta nikmati berbagai Promo Ramadhan, hadiah dan penawaran menarik lainnya mulai 1 April-13 Mei 2020. Jangan lupa top up OVO, karena dengan OVO transaksi belanja online jadi lebih praktis!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini