Sukses

Mudahnya Membuat Jamu Kunyit Asam, Begini Langkahnya

Buat jamu kunyit asam sendiri, yuk!

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia merupakan negara yang terkenal akan rempah-rempah yang melimpah ruah. Rempah tersebut umumnya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan makanan dan minuman, termasukjamu

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan jamu. Minuman yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit itu memiliki jenis yang beragam dan tentu khasiat yang berbeda, di antaranya beras kencur, wedang jahe, dan kunyit asam. 

Jamu seringkali diidentikan dengan minuman yang memiliki rasa pahit dan tidak enak, namun berbeda dengan kunyit asam. Ketika mencicipinya, Anda akan merasa kesegaran dari asam Jawa yang membuat jamu menjadi lebih nikmat. 

Kunyit asam terbuat dari kunyit, asam jawa, gula merah, gula putih, dan garam. Penggunaan garam di sini selain karena tradisi juga bisa berfungsi untuk mengoptimalkan kandungan bahan-bahan yang lainnya. 

Bahan pembuatannya yang terdiri dari beberapa jenis rempah membuat jamu kunyit asem pun memiliki khasiat yang beragam. Kunyit asem dipercaya dapat membantu melancarkan haid bagi perempuan yang sedang menstruasi. 

Tidak hanya untuk perempuan saja, kunyit asam pun bisa bermanfaat untuk lelaki dalam menjaga stamina tubuhnya. Selain itu, secara umum kunyit asam yang memiliki antioksidan dapat berfungsi menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko terkena kanker, menurunkan berat badan, dan kandungan curcuminnya dapat membantu meningkatkan fungsi otak. 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Pembuatan Jamu

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Warisan 1983 di Fusion Hub, Jakarta, salah satu pelaku usaha di bidang jamu, saya berkesempatan untuk mencoba membuat satu gelas jamu kunyit asam. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan terbilang mudah ditemukan, yaitu kunyit, asam jawa, gula merah, gula putih, dan garam. Langkah pertama, kupas kunyit hingga semua kulitnya terbuang, lalu cuci dengan air bersih. 

Setelah dicuci, parut atau blender kunyit hingga halus. Menurut pemilik Warisan 1983, Aafiyah Nuur Ainii, diparut atau diblender pun sama baiknya. Namun jika ingin rasanya lebih terasa, akan lebih baik jika diparut saja. 

Kunyit yang telah diparut kemudian dicampur dengan segelas air atau disesuaikan dengan jumlah kunyit yang dibuat. Saat itu, saya memakai 100 gram kunyit yang dilarutkan dalam 500 mililiter air. 

Aduk kunyit yang telah diberi air dengan sendok dan beri sedikit tekanan agar rasa kunyitnya lebih keluar. Kemudian, pisahkan air dan ampas kunyit dengan saringan. 

Sari kunyit yang sudah disaring dicampur dengan gula pasir, gula merah yang telah diiris, dan jangan lupa asam Jawanya. Aduk semua bahan hingga gula larut dalam air. 

Lalu, campuran tersebut dimasak hingga airnya mendidih. Selepas airnya mendidih, tambahkan sedikit garam. Matikan kompor dan biarkan jamu hingga dingin. Anda bisa mengonsumsinya dalam keadaan hangat atau dingin. (Tri Ayu Lutfiani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.