Sukses

Lancarkan Menstruasi dan 5 Manfaat Lain Jamu Kunyit Asam yang Wajib Diketahui

Liputan6.com, Jakarta - Jamu, minuman tradisional yang sudah tak lagi asing di telinga banyak orang Indonesia. Beberapa di antaranya yang sangat populer adalah beras kencur, kunyit asam, dan sambiloto.

Mengerucut pada kunyit asam, tanaman rempah khas Indonesia ini memiliki sifat antibakteri dan antiradang. Semua itu berkat kandungan kukumoid di dalam kunyit.

Selain itu, kunyit asam juga mengandung mineral jenis aluminium, seng, zat besi, magnesium, kalsium, kalium, natrium, kobalt, serta bismuth. Kunyit juga kaya nutrisi seperti vitamin A dan C, minyak atsiri, glukosa, dan zat dammar.

Ragam kandungan ini membuat kunyit asam baik untuk tubuh. Dari sekian banyak, berikut Liputan6.com rangkumkan beberapa manfaatnya.

1. Melancarkan menstruasi

Minum jamu kunyit asam dalam periode sebelum, selama, dan sesudah diyakini dapat melancarkan menstruasi. Kunyit asam juga dipercaya dapat meningkatkan stamina sehingga dapat tetap segar menjalani hari saat menstruasi.

2 dari 4 halaman

2. Mencegah Pikun

Warna kuning kunyit berasal dari antioksidan yang bernama kurkumin. Penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dapat mencegah pembentukan amiloid, protein yang dapat menyumbat neural di otak. Maka dari itu, kunyit berperan aktif dalam mencegah pikun.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam kunyit dapat menjaga kesehatan mata  Jamu ini bisa Anda buat sendiri di rumah. Caranya, rebus 0.5 kilogram (kg) kunyit segar yang telah diblender dengan dua liter air, 0.5 kg asam jawa, 0.25 kg gula jawa, dan sedikit garam. Setelah mendidih, dinginkan terlebih dahulu baru kemudian diminum.

4. Menghilangkan Bau Badan

Kunyit asam mengandung minyak atsiri yang berperan penting menghilangkan bau badan. Minyak ini mengontrol produksi keringat jadi lebih sedikit.

3 dari 4 halaman

5. Menyembuhkan Luka dan Gatal-Gatal

Sifat antibakteri dan antijamur dalam kunyit asam bisa menyembuhkan gangguan kulit seperti kudis, kurap, dan ruam yang dapat memicu rasa gatal.

6. Membantu Program Diet

Kunyit asam memiliki sifat aktif menekan rasa lapar yang dapat mencegah orang makan berlebihan. Karenanya, konsumsi kunyit asam bisa memengaruhi berat badan dan menjaga perut tidak kelihatan buncit. Selain itu, kunyit asam juga ampuh membakar lemak dalam tubuh.

(Ossid Duha Jussas Salma)

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading