Sukses

Penyuka Berat Durian, Ahok Punya Kedai Favorit di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dikenal suka berwisata kuliner. Di media sosial, banya beredaar foto-foto Ahok sedang menikmati makanan di berbagai tempat di Indonesia.

Tapi ada satu makanan yang sangat disukai ayah empat anak ini. Bahkan makanan, tepatnya buah, ini juga sempat disantapnya saat masih mendekam di Penjara Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Makanan itu adalah buah durian atau duren. Saat ada yang berkunjung, biasanya ada saja yang membawakan durian untuknya. Salah satunya Djarot Saiful Hidayat, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Djarot mengaku ada titipan khusus tiap kali ia menjenguk sahabatnya itu. Menurut Djarot, Ahok 'ngidam' durian sehingga kadang meminta kepada penjaga penjara.

"Dia (Ahok) suka duren (durian), kalau ada apa-apa penjaganya ngomong dia minta bawa duren," ucapnya beberapa waktu lalu.

Hal senada juga dikatakan Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi. Ia mengatakan ada hal unik yang diutarakan Ahok jikalau, dirinya akan menjenguknya. Tidak lain tidak bukan, membawa durian kesukaannya.

2 dari 3 halaman

Durian Acin

"Requestannya dia (Ahok) selalu minta bawain duren. Setiap habis ngobrol selalu saya tanya ‘besok mau gua bawain apa?’ Tapi permintaannya gak pernah berubah," terang Pras, seperti dikutip dari laman Jawa Pos, 22 Januari 2019.

Namun Prasetyo diberikan tugas oleh Ahok untuk tidak membawa sembarang durian. Sebab, Ahok hanya suka makan durian yang dijual di bilangan Jakarta Pusat.

"Tapi dia (Ahok) maunya Duren Acin, adanya di Jalan Mangga Besar dekat RS Husada. Soalnya di situ tuh enak. Kesukaan pak Ahok," ungkapnya.

Durian Acin merupakan kedai durian legendaris di kawasan Mangga Besar, Jakarta Barat. Kedai yang buka sejak 1994 ini menjual durian yang mayoritas berasal dari Pulau Sumatera, yakni Medan, Padang, Palembang, dan Bengkulu.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Begini Cara Tangkap Ular Cobra dengan Galon Air Mineral
Loading
Artikel Selanjutnya
Balapan Prancis Juga Ditunda, Jadwal Lomba MotoGP 2020 Masih Tanda Tanya
Artikel Selanjutnya
Son Heung-min Jalani Wamil di Tengah Pandemi Corona Covid-19