Sukses

Keunikan dan Kelebihan Jurusan Beauty and Spa di SMK 1 PGRI Kudus

Liputan6.com, Jakarta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Kudus Jawa Tengah kembali mencuri perhatian dunia. Setelah karya Animasi buatan siswa SMK Raden Umar Said tayang di bioskop dan koleksi fashion modest wear dari siswa SMK NU Banat Kudus tampil di fashion show internasional, dari Kudus ini bakal lahir para tenaga ahli di bidang perawatan kecantikan dan terapi spa berstandar internasional.

SMK 1 PGRI Kudus belum lama ini telah resmi memiliki jurusan Beauty and Spa. Jurusan ini lahir berkat kolaborasi antara Djarum Foundation bersama Mustika Ratu yang “menyulap” Jurusan Tata Kecantikan Kulit di SMK PGRI 1 Kudus menjadi sekolah yang menyiapkan tenaga-tenaga terampil di bidang kecantikan dan terapi spa.

Kemunculan Beauty and Spa Academy SMK PGRI 1 Kudus ditandai dengan peresmian Gedung Beauty and Spa yang digelar pada September 2019 lalu. Apa saja keunikan dan kelebihan jurusan Beauty and Spa SMK PGRI 1 Kudus ini, berikut ulasannya.

2 dari 4 halaman

1. Gedung Beauty and Spa yang megah

Gedung Beauty and Spa Academy SMK PGRI 1 Kudus memiliki luas 1.350 meter persegi. Gedung yang berada di tengah sekolah itu didominasi oleh warna putih. Adapun peresmian Gedung ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus, HM. Hartopo, Direktur Program Bakti Pendidikan Djarum Foundation, serta  Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Isabella Silalahi.

Gedung Beauty and Spa Academy dibagi menjadi dua area. Area pertama digunakan sebagai tempat praktik siswa. Sementara area yang satunya lagi digunakan sebagai Teaching Factory yang digunakan para siswa menguji keterampilannya yang kualitasnya langsung dinilai oleh kosumen.

2. Dibekali keterampilan berstandar hotel bintang lima

Tidak hanya sekadar belajar teori dan praktik sesuai kurikulum pendidikan dan industri, para siswa juga diberi pelatihan keterampilan sebagai ahli kecantikan berstandar hotel bintang lima.

3. Dibina para pelaku industri kecantikan

Setelah persiapan teori yang cukup matang, nantinya para pelajar akan mendapatkan binaan langsung dari pelaku industri. Mustika Ratu turut memberikan bantuan tenaga ahli dalam pengembangan kurikulum spa serta pelatihan bagi guru-guru SMK PGRI 1 Kudus dengan menyesuaikan kondisi tuntutan industri terkini.

3 dari 4 halaman

4. Didukung peralatan modern

Beauty and Spa Academy SMK PGRI 1 Kudus dilengkapi dengan peralatan kulit, wajah, dan rambut yang modern. Bahkan memiliki kualitas yang sama dengan tempat salon terkemuka di kota-kota besar di Indonesia.

Beberapa fasilitas yang ada di dalam gedung meliputi tempat perawatan kuku dan tangan 20 unit, alat perawatan kuku dan kaki 5 unit, alat perawatan rambut 10 unit, alat untuk keramas 10 unit, studio makeup artist (MUA), studio foto, ruang ganti, ruang grooming, dan laboratorium pembelajaran daring.

4 dari 4 halaman

5. Fasilitas lengkap berstandar industri

Djarum Foundation juga memberikan tambahan fasilitas dengan standar internasional yang dapat digunakan para pelajar selama program pelatihan berlangsung. Beberapa fasilitas peralatan kecantikan dan spa, antara lain alat makeup, facial hingga perlengkapan massage terbaik. Dengan fasilitas lengkap, para pelajar akan mudah menyesuaikan diri ketika terjun ke industri kecantikan dan siap untuk bekerja.

Kehadiran Beauty and Spa Academy di SMK PGRI 1 Kudus semakin menegaskan komitmen Djarum Foundation untuk terus membantu anak-anak Indonesia menjadi lebih baik, utamanya dalam bidang pendidikan. Hingga saat ini,  Djarum Foundation telah berhasil membina 16 SMK dengan 18 kompetensi keahlian yang ada di Kudus.

 

(*)