Sukses

7 Ide Menyulap Dinding Rumah Jadi Elemen Indah, Bisa Jadi Rencana Renovasi 2020

Liputan6.com, Jakarta - Bosan dengan suasana ruangan yang itu-itu saja? Mungkin sudah saatnya Anda bereksperimen dengan dinding rumah. Bagian ini terbilang dominan dan mudah terlihat sehingga perubahan akan sangat jelas tampak.

Memperindah dinding rumah biasanya dilakukan lewat permainan cat atau wallpaper. Tapi, ada banyak cara yang lebih dari itu.

Mendandani dinding rumah tidak perlu keseluruhan, bahkan di satu sisi saja cukup. Penghuni pun tidak mudah bosan dengan aksen dinding yang ditujukan untuk selalu menghidupkan suasana.

Apa saja ide yang bisa diaplikasikan di rumah? Arsitag merangkum tujuh cara membuat dinding ruangan Anda jadi lebih istimewa.

1. Dinding Aksen dengan Material Bata Putih Ekspos

Penggunaan material ekspos seperti bata bercat putih dapat menghasilkan aksen tersendiri pada dinding. Aksen seperti ini biasanya digunakan pada rumah-rumah dengan desain interior Skandinavia atau industrial.

2. Dinding Aksen Keramik Bermotif

Aksen dinding yang pertama dapat Anda peroleh melalui penggunaan keramik. Beberapa keramik memang memiliki motif yang unik, seperti batik atau mosaik. Anda bisa menggunakannya pada bagian dinding kamar mandi atau backsplash dapur.

2 dari 4 halaman

3. Dinding Aksen Motif Cat Segitiga

Tidak hanya wallpaper, kreasi cat tembok dapat dimanfaatkan untuk menciptakan dinding aksen. Ibarat melukis, dinding jadi kanvasnya. Untuk memudahkan, sebaiknya pilih gambar dengan bentuk geometri yang sederhana, seperti segitiga atau persegi.

4. Dinding Aksen dengan Lukisan Realisme

Selain lukisan dinding dengan bentuk sederhana, Anda juga dapat menjadikan dinding sebagai kanvas utuh. Layaknya kanvas berukuran besar, Anda dapat melukis dinding dengan tema dan aliran tertentu agar ruangan jadi terlihat lebih artistik.

5. Dinding Aksen dengan Kumpulan Poster Tipografi

Daripada membiarkan dinding rumah terlihat kosong, Anda dapat menghiasnya dengan beberapa poster tipografi yang mengandung kalimat-kalimat mutiara. Dengan begitu, dinding Anda akan memiliki aksen menarik. Siapa tahu, tamu Anda dapat memetik inspirasi dari quote yang terpasang.

3 dari 4 halaman

6. Dinding Aksen dengan Bata Ekspos Merah Bersusun Unik

Biasanya bata ekspos disusun dengan motif standar atau terlihat mainstream. Agar lebih muncul, Anda dapat menyusunnya secara timbul. Contoh terlihat pada dinding aksen hunian Denpasar Residence yang menggunakan bata merah dengan susunan timbul di bagian eksterior.

7. Dinding Aksen dengan Keramik Bermotif Kayu

Aksen kayu juga bisa jadi pilihan Anda. Untuk kesan berbeda, gunakan aksen kayu pada ruangan yang memang jarang memanfaatkan aksen tersebut.

Misalnya saja pada dinding kamar mandi. Karena kamar mandi memiliki tingkat kelembapan yang tinggi, sebaiknya gunakan motif kayu dari material keramik agar tahan air.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: