Sukses

6 Kesalahan Pakai Make Up yang Buat Wajah Terlihat Lebih Tua

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan menjadi salah satu kunci percaya diri seorang perempuan. Salah satu cara untuk menyempurnakannya adalah dengan merias wajah. Pengaplikasian make up cukup tricky karena salah menggunakannya, alih-alih terlihat cantik dan muda, wajah malah terkesan lebih tua.

Ada beberapa faktor yang membuat riasan menjadi salah di wajah. Berikut Liputan6.com merangkum enam kesalahan yang kerap terjadi dilansir dari Asia One pada Senin, 25 November 2019.

1. Concealer

Biasanya, tujuan utama orang menerapkan concealer yaitu untuk menyembunyikan lingkaran hitam di bawah mata. Penerapan concealer yang terlalu banyak menciptakan efek yang tidak bagus pada mata, bahkan bisa menonjolkan garis-garis halus hingga membuat Anda jadi terlihat tua.

Sebaiknya terapkan pada area gelap saja, misalnya di bawah mata. Hindari penggunaan concealer di semua tempat atau di daerah yang tidak ada perubahan warna.

2. Lipstik

Seiring bertambahnya usia, bibir mulai kehilangan warna naturalnya. Maka itu, Anda harus lebih memilih lipstik dengan warna yang terang. Lipstik berwarna gelap membuat penampilan Anda jadi tidak natural dan bibir terlihat semakin kecil dan tidak terhidrasi.

Sedikit saran, jika memilih jenis lipstik matte, sebaiknya pilih warna yang lembut atau warna yang terang sekaligus. Untuk mengilapkan warna, Anda bisa memadukan lipstik matte dengan lip gloss yang bening.

3. Maskara

Terlalu banyak menerapkan maskara bisa membuat bulu mata Anda menggumpal dan kelihatannya juga tidak alami. Selain itu, jika digunakan dengan tidak profesional, malah bisa merusak penampilan keseluruhan karena tebalnya tidak merata.

Tips supaya bulu mata Anda tetap cantik, oleskan maskara dengan benar dari akar ke ujung. Pilih warna hitam, tapi jangan terlalu banyak menerapkannya. Jangan lupa untuk menghapus maskara sebelum tidur, karena sisa maskara yang tidak terhapus bisa merontokkan bulu mata Anda.

 

 

2 dari 3 halaman

4. Foundation

Foundation adalah make up paling penting yang bisa menciptakan wajah lebih muda secara instan. Foundation bisa menutupi segala jenis kerutan, menyamarkan noda hitam, bahkan menutupi bekas jerawat. Tapi, berlebihan menggunakan foundation membuat wajah Anda terlihat seperti topeng.

Kebanyakan foundation juga bisa menyumbat pori-pori kulit wajah dan menyebabkan kulit menjadi kusam. Pilih warna foundation yang sesuai dengan warna kulit Anda. Hapus foundation sebelum tidur, gunakan pembersih untuk menghilangkan kotoran. Kenakan krim anti-aging untuk membuat kulit Anda tetap segar meski tanpa make up.

5. Eye shadow

Anda harus perhatikan, warna terang dan warna alami eye shadow bisa memberikan efek mata menjadi lebih besar, sedangkan eye shadow berwarna gelap membuat mata Anda terlihat lebih kecil. Kelopak mata termasuk bagian paling sensitif yang jika salah mengucek mata bisa menyebabkan pembuluh darah pecah dan mengakibatkan mata merah.

Jadi tipsnya, gunakan eye shadow berwarna cerah, berkrim dan jangan terapkan terlalu banyak di kelopak mata. Jika ingin mengucek mata, gunakan obat tetes mata supaya mata tetap terhidrasi.

6. Skin care

Sebagian besar berpikir bahwa wajah bisa dihias hanya dengan make up. Tapi akhir-akhir ini, banyak orang tidak puas dan bahkan membenci wajahnya sendiri ketika sedang tidak bermake up. Itu karena kekurangan skincare, hingga menyebabkan kulit kusam, kering dan keriput saat tanpa make up.

Untuk itu, penting bagi wanita setelah menghapus riasannya untuk menggunakan skincare. Berikan nutrisi yang sesuai dengan jenis kulit Anda, agar kulit tetap terhidrasi. Ini bisa mempertahankan wajah cantik Anda bukan hanya saat mengenakan make up, tapi juga saat tanpa make up. (Ossid Duha Jussas Salma)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Alasan Kursi Pesawat Berwarna Biru
Loading