Sukses

Hijab Spesial dari Bandung bagi Pecinta Star Wars

Liputan6.com, Jakarta -  Apa jadinya bila jilbab memakai motif dari karakter film Star Wars? Hasilnya unik tanpa kesan norak. Setidaknya terlihat dari dua dari delapan motif yang diluncurkan brand hijab Puru Kambera.

Puru Kambera menjadi satu-satunya brand hijab yang lolos tahap kurasi panjang dari Disney dan Lucas Film. Brand asal Bandung itu digandeng Blibli.com untuk membuat merchandise eksklusif Star Wars menyambut peluncuran film terbarunya pada akhir Desember 2019 nanti.

Ragil Silvia, pemilik brand hijab itu mengaku senang saat diajak berkolaborasi dalam proyek bersama Disney dan Lucas Film tersebut. Namun, bukan hal mudah mewujudkannya dalam desain hijab yang bisa diterima pasar.

"Banyak banget rules-nya. Misalnya, kalau Star Wars klasik, nggak bisa nyatu dengan Star Wars kartun," ujarnya di Jakarta, Senin sore, 18 November 2019.

Tantangan lainnya soal image yang terlanjur lekat pada film science fiction tersebut, yakni sangat maskulin. Ia pun harus membangun cerita dari desain yang diajukan agar bisa diterima oleh pihak Disney. 

"Kebetulan mau ambil Darth Vader dan Troopers, tapi nggak bisa karena yang di episode kelima sudah tidak ada karakter Darth Vader. Terus kepikiran, gimana kalau pakai karakter, dijeplakin ke kepala, apakah ibu-ibu dan wanita dewasa akan suka? Akhirnya, saya ambil bermacam-macam vehicle-nya," celoteh Ragil.

Tak heran bila pada hijab tercetak motif pesawat Han Solo yang klasik lantaran sudah ada sejak 1970-an. Ada pula motif kendaraan rebelion dan resistance berukuran mungil yang baru bisa ditemukan bila dilihat lebih jeli. 

"Ini juga ada tulisan bahasa mereka. Ada juga tulisan Star Wars-nya," ucapnya.

2 dari 3 halaman

Belum Dijual

Hijab Star Wars itu tersedia dalam delapan motif berbeda dengan bahan voal. Warna yang tersedia juga beragam, mulai dari hitam, mustard, abu-abu, khaki, marun, dan biru. 

"Untuk edisinya, kita pakai nama-nama pemeran wanita di Star Wars, seperti Rey, Princess Leia juga ada," ujarnya.

Tersedia 3.500 pieces untuk koleksi yang masuk dalam kampanye belanja Galaxy of Epic Deals tersebut. "Kisarannya Rp300 ribu," sebutnya.

Namun, seluruh produk belum dijual sebagai bagian dari strategi pemasaran. Menurut Dessy Muharlina Bungsu, VP Fashion Wanita Category Blibli.com, hijab dari Puru Kambera terbilang cepat terjual di antara produk fashion lainnya.

"Makanya, kita tahan dulu supaya nanti masih ada sampai penayangan film digelar," katanya.

Inisiatif meluncurkan merchandise Star Wars berbentuk hijab dilatari meningkatkan minat pada busana modest wear. Di sisi lain, pihaknya tidak menutup mata adanya penggemar film legendaris tersebut juga ada dari kalangan pengguna hijab.

"Tapi, desainnya dibuat agar semua bisa pakai, baik pecinta Star Wars atau yang belum pernah menonton Star Wars. Makanya, desainnya dipilih agar bisa dipakai sehari-hari," ia menerangkan.

Selain hijab, Dessy menyebut terdapat sekitar 100 produk fashion wanita, meliputi busana, tas, dan alas kaki, yang dirancang oleh delapan brand lokal. Seluruh produk dijual eksklusif untuk menyambut pemutaran episode ke-9 Star Wars di seluruh dunia. 

"Mereka (para desainer) yang dipilih haruslah penggemar Star War biar nyambung feel-nya sih," tutur dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sambangi Indonesia, Halima Aden Cerita Keteguhan Hati Berhijab Walau Jadi Model Dunia
Artikel Selanjutnya
Disney Keluarkan Peringatan Film Star Wars Terbaru Bisa Picu Kejang