Sukses

5 Bahan Bebas Racun yang Ampuh Usir Kecoa

Liputan6.com, Jakarta - Tempat tinggal dengan lingkungan yang lembap seperti di negara tropis seringkali didatangi pasukan kecoak. Untuk mengusirnya, banyak yang menggunakan insektisida padahal itu tidak aman jika dihirup anak-anak Anda di rumah.

Menyemprotkan insektisida di dalam rumah sama dengan menyemprotkan racun untuk dihirup orang-orang di rumah. Tidak perlu membeli pengusir kecoa dengan harga yang mahal, Anda bisa memakai bahan dapur untuk bantu usir kecoa.

Selain bahan-bahannya mudah didapatkan di rumah, bahan ini juga bebas racun. Lalu, apa saja bahan yang bisa digunakan untuk usir kecoak? Simak selengkapnya seperti dilansir dari Asia One, Rabu, 13 November 2019.

1. Baking Soda

Bahan ini sering digunakan untuk bahan membuat kue supaya matangnya tidak bantat. Selain itu, ternyata bahan soda bisa menjadi bahan pembersih rumah yang efektif, bahkan pengusir kecoak yang ampuh.

Caranya cukup mencampurkan baking soda dengan gula. Di mana, gula akan memancing kecoak untuk datang, dan baking soda akan membunuhnya setelah mendekat. Sangat mudah bukan.

2. Minyak Peppermint

Aroma minyak peppermint mengganggu dan menutupi jejak aroma yang digunakan kecoak untuk berburu makanan mereka. Caranya cukup teteskan minyak pada kapas dan seka tempat-tempat biasa kecoak bersembunyi.

Tapi jika kecoak masih datang, siapkan semprotan dengan campuran 15 tetes minyak peppermint dan 10 ons air dalam botol semprot. Aduk rata dan semprotkan saat kecoak datang.

2 dari 3 halaman

3. Bunga Krisan

Bunga krisan mengandung pyrethrins, senyawa kimia yang menyerang sistem saraf serangga ketika bersentuhan langsung. Cara mengusirnya sangat mudah.

Anda bisa menggunakan kepala mahkota bunga krisan kering dihancurkan menjadi bubuk dan mencampurkannya dengan satu liter air panas. Untuk lebih efektif, campurkan juga deterjen bubuk ke dalam ramuannya. Masukan ke dalam botol semprot dan semprotkan di sekitar area yang dilewati kecoak.

4. Boraks

Boraks adalah bahan pembersih alami yang efektif dan aman. Senyawa yang terkandung di dalamnya bisa merusak lapisan usus kecoak dan mati.

Anda bisa membuat ramuan campuran dari dua cangkir air gula ditambah satu liter air, dan tambahkan satu sendok boraks. Anda bisa semprot di tempat yang sering dilalui kecoak agar mereka pergi dan mati.

5. Petroleum Jelly

Bahan ini adalah salah satu bahan selai yang lengket untuk membuat perangkap menangkap kecoak. Caranya, Anda bisa mencampurkan jeli dengan gula, lalu oleskan adonan ke potongan karton.

Letakkan di tempat yang bisa dilewati kecoak. Kecoak sangat senang dengan bau manis gula, dan akan menempel saat mendekatinya karena ada adonan lengket dari jeli.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Penghasil Susu... Ini 4 Sisi Lain Kecoak yang Dianggap Istimewa Meski Menjijikan
Artikel Selanjutnya
Akibat Punya Kebiasaan Jorok, Kecoak Beranak di Telinga Pria Tiongkok