Sukses

Mendongeng Rangsang Kemampuan Empati Anak

Liputan6.com, Jakarta - Masa kanak-kanak jadi 'gerbang' perkenalan si kecil akan beragam hal. Selain bermain sebagai sarana belajar dan tumbuh kembang, kegiatan mendongeng juga dapat memperkuat imajinasi dan mempererat ikatan anak dengan kedua orangtua.

Herbowo Soetomenggolo, Dokter Spesialis Syaraf Anak mengungkapkan tak sekadar bercerita, tetapi ada banyak yang terjadi saat mendongeng. Kegiatan ini memberi pengaruh pada tumbuh kembang anak.

Terdapat dua faktor yang berperan yakni dari faktor internal seperti genetik, ras, usia yang mencakup 40 persen. Sedangkan faktor eksternal meliputi nutrisi, lingkungan, stimulasi yang mempengaruhi sebesar 60 persen.

"Bahasan secara medis, saat ibu mendongeng dan anak mendengarkan, semua bagian otak anak akan aktif. Bukan hanya mendengar, tapi membentuk imajinasi," kata Herbowo di jumpa pers Nivea #SentuhanIbu 2019 World of Imagination di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 13 November 2019.

Lewat aktivitas mendongeng, anak akan mengalami kerja otak. Ketika orangtua sebagai pendongeng bercerita sesuatu, hal itu pula yang akan dipikirkan oleh anak-anak saat mendengarkannya.

Ia menambahkan, saat mendongeng ada hormon-hormon yang dilepaskan seperti dopamine, kortisol, dan oksitosin. Ketiga hormon ini mengatur perubahan emosi, kewaspadaan, dan empati hingga dapat mengingat alur cerita yang disampaikan.

"Prinsip stimulasi terbaik adalah stimulasi dua arah. Penambahan sentuhan sangat berpengaruh pada bagian otak, emosi, dan memori. Mendongeng sangat penting secara medis dalam hubungan kemampuan literasi dan kognitif," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Taman Bermain Seru

Bicara soal mendongeng, Nivea berkomitmen mempererat bonding time atau ikatan ibu dan anak lewat Nivea #SentuhanIbu 2019 World of Imagination. Gelaran ini bakal dilaksanakan di Ecopark, Ancol pada 20--22 Desember 2019 yang bekerja sama dengan Ayo Dongeng Indonesia, Waktunya Main, dan Sembilan Matahari.

"Taman bermain yang terbuat dari cerita tentang imajinasi dikombinasi seni digital yaitu video mapping yang dirancang khusus lewat alur cerita dari Ayo Dongeng. Di sini ada interaksi di dalamnya, ibu dan anak harus bekerja sama menyelesaikan misi dan mempererat bonding moment," kata Brigitta Dewi Pricillia, Brand Executive Nivea Body and Creme.

Mochamad Ariyo Faridh Zidni, pendiri komunitas Ayo Dongeng Indonesia, memberi dukungan lewat cerita di taman bermain yang akan ada banyak interaksi antara ibu dan anak. Ia menyebut interaksi itu tak hanya bermain tetapi menciptakan pengalaman bersama.

"Kunci imajinasi apa yg paling seru buat anak saat ada cerita dan permainan. Ada beberapa dunia dalam satu dunia besar, petualangan di dunia air, angin, pasir, hutan menyenangkan sekali idenya. Apa yang sangat diinginkan sama anak saat main. Pengalaman mendongeng mendengarkan cerita bersama orangtua dituangkan ke taman bermain ini," kata Ariyo.

Tiket taman bermain World of Imagination dijual seharga Rp450 ribu untuk keluarga yang terdiri dari empat tiket dan merchandise. Ada pula Rp150 ribu untuk tiket individual yang terdiri dari satu tiket dan merchandise.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Inspirasi Memilih Ide Cerita Mendongeng untuk Buah Hati
Artikel Selanjutnya
Dongeng Bikin Hubungan Orangtua dan Anak Makin Erat