Sukses

2 Varian Indomie Masuk Daftar 10 Ramen Terenak di Dunia Versi LA Times

Liputan6.com, Jakarta - Nama Indomie kembali harum setelah Lucas Kwan Peterson, kolumnis makanan di Los Angeles Times (LA Times) merilis daftar Instant Ramen Power Ranking, yaitu daftar ramen instan paling 'kuat' dan nikmat. Daftar tersebut disusun setelah ia mencicipi 31 produk ramen instan yang cukup terkenal di Amerika Serikat.

Ada dua hal yang jadi penilaian utamanya, yaitu rasa dan kebenaran rasa dalam iklannya. Maksud dari kebeneran rasa ini adalah rasa yang dimunculkan sesuai dengan apa yang diiklankan atau yang tertulis dalam kemasan.

Misalnya, rasa udang dan udangnya betul-betul terasa. Jika tertulis rasa kepiting, ada rasa kepiting di dalamnya. Peterson membuat daftar ini dengan biaya sendiri, sehingga independensinya terjaga dan tak dipengaruhi pihak mana pun terutama produsen ramen.

Ternyata, peringkat satu ramen paling enak dan berpengaruh, sudah sangat akrab bagi lidah Indonesia, yaitu Indomie Goreng Jumbo rasa Barbeque Chicken.

"Saya harusnya tak menempatkan Indomie di slot paling atas, karena secara teknis boleh dibilang curang. Pasalnya produk ini lebih masuk ke kategori " mie instan" kebalikan dari " ramen instan". Tapi saya akan mengizinkannya," tulis Peterson seperti dikutip dari LA Times.

Ia mendeskripsikan produk tersebut terdiri dari tiga bumbu cair berupa minyak bawang, kecap manis, sedikit saus cabai dalam kemasan. Lalu, ada dua sachet bumbu kering (bubuk ayam kaya MSG dan bawang merah goreng). Kombinasi rasa bumbu itu membuatnya merasakan nikmat seperti di surga.

"Rasa barbeque chicken menyeimbangkan apa yang bisa dianggap sebagai salah satu kelemahan dari Indomie, yaitu agak terlalu manis. Saus cabai memberikan sedikit pedas dan tekstur bawang renyah benar-benar membuat rasanya luar biasa," tutur Peterson.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Apa Lagi?

Penasaran merek ramen yang masuk dalam daftar selanjutnya? Di peringkat dua ada MyKuali dengan rasa Penang White Curry dari Singapura. Lalu, peringkat tiga ada Nongshim Shin (Black), produk ramen instan asal Korea Selatan. Di peringkat empat ada Sapporo Ichiban (Tokyo Chicken Momosan), produk asal Jepang.

Sementara di peringkat lima ada Ibumie Mi Goreng (Curry Kapitan), asal Malaysia. Peringkat enam ada Myojo Chukazanmai (Soy Sauce), produk asal Jepang. Lalu, di peringkat tujuh ada MyKuali (Penang Spicy Prawn), produk asal Malaysia.

Untuk ramen di peringkat delapan bermerek Mama (Shrimp Creamy Tom Yum), yang berasal dari Thaulan. Sementara di peringkat sembilan, diduduki oleh mi Maggi (Masala Spicy) dari Malaysia.

Dan, peringkat 10 kembali diduduki produk mi instan dari Indofood. Produk favorit anak kos, yaitu Indomie Goreng, menempati ranking 10.

"Memiliki keseimbangan rempah, rasa asin dan tekstur yang luar biasa. Saya sangat pemilih dalam hal ini tapi saya merasa versi ini terlalu manis," kata Peterson.