Sukses

5 Kesalahan yang Wajib Dihindari Saat Memasang Lampu di Rumah

Beda bohlam lampu, beda fungsinya. Suasana ruang juga memengaruhi apakah pemasangan lampu sudah tepat atau belum.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa lampu perlu dihadirkan di rumah agar kegiatan bersama keluarga tetap bisa berjalan dengan baik. Jenis-jenis lampu pun harus disesuaikan dengan fungsi ruangan.

Saat memasang lampu, pastikan Anda benar-benar memasangnya dengan benar. Agar Anda tidak melakukan kesalahan, sebaiknya Anda menyimak lima kesalahan saat instalasi lampu di rumah dari Dekoruma berikut ini.

1. Tidak memperhatikan warna bohlam lampu

Ada banyak ragam warna bohlam lampu yang dijual. Saat membelinya, perhatikan warna lampunya dan di manakah lampu tersebut akan dipasang.

Salah menggunakan warna bohlam lampu akan membuat fungsi ruang dan estetika interior jadi berbeda. Misalnya, menggunakan lampu warna kuning temaram sebagai lampu utama di ruang keluarga. Padahal, ruang keluarga menjadi pusat aktivitas yang harusnya menggunakan lampu warna putih terang.

2. Tidak disesuaikan dengan warna ruang

Warna lampu juga harus disesuaikan dengan warna ruangan untuk kepentingan estetika. Warna ruang yang gelap meskipun diberikan lampu-lampu yang terang tetap memberikan suasana yang gelap juga. Jika memang Anda ingin ruangan terang, warna ruang juga harus terang, seperti warna putih dan krem.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Tidak Memaksimalkan Pencahayaan di Ruang Gelap

Beberapa ruang seperti gudang dan kloset memang jarang digunakan. Otomatis, penerangannya pun sedikit.

Hal tersebut justru tidak boleh dilakukan karena bagaimana pun, ruang tersebut tetap menjadi salah satu area kegiatan. Jika lampunya tidak dimaksimalkan, Anda akan kesulitan saat melakukan kegiatan di sana,misalnya membersihkan gudang dan membuang air.

4. Salah ukuran dan jenis lampu

Lampu yang terlalu kecil tentu tidak cocok digunakan di ruangan yang luas. Lampu gantung kristal yang terlalu besar dan panjang membuat makan di ruang makan jadi tidak nyaman. Sebelum membeli dan memasangnya, pastikan lokasi penempatan lampu tersebut.

5. Membeli lampu yang boros energi

Lampu-lampu yang dijual dengan ragam desain apik memang menggiurkan. Anda tidak boleh tergoda dengan hal ini karena belum tentu lampu tersebut hemat energi.

Sebelum Anda membeli lampu yang Anda incar, pastikan lampu tersebut hemat energi. Beberapa jenis lampu yang hemat energi adalah lampu LED dan lampu TL.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.