Sukses

IKEA di 2020, Hadirkan Rangkaian Furnitur Multifungsi dan Gerai Baru

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 1 September diperingati sebagai tahun barunya IKEA, perusahaan furnitur asal Swedia yang mendunia. Setiap mendekati tanggal tersebut, mereka meluncurkan katalog terbaru untuk memamerkan koleksi baru mereka. Tahun ini, IKEA melaksanakan konferensi pers di store IKEA di Alam Sutera pada Kamis (29/8/2019).

Mengangkat tema 'Katalog Baru, Inspirasi Baru', perusahaanini menghadirkan koleksi perabotan baru yang multifungsi. Hal ini terinspirasi oleh hasil survei global yang dilakukan, dan melihat bahwa kebanyakan orang kini rumahnya lebih kecil. Ruang yang terbatas membuat pemiliknya harus cerdik dalam mengatur perabot.

Ririn Basuki, Public Relations IKEA Indonesia juga mengatakan bahwa furnitur multifungsi ini ditujukan agar rumah yang mungil dapat tetap nyaman ditinggali.

"Kita akan memaksimalkan penggunaan furnitur di dinding agar bisa menghemat ruang di lantai," kata Ririn.

Dalam koleksi kali ini, IKEA menghadirkan berbagai perabotan multifungsinya untuk berbagai ruangan. Pada ruang tidur, terdapat kasur yang di bawahnya terdapat laci. Laci itu bisa dimanfaatkan untuk menaruh bedcover atau barang lainnya,.

 

 

Ada pula kasur anak yang panjangnya dapat disesuaikan dengan tinggi anak. Selain itu, cermin kamar mandi yang di belakangnya terdapat lemari, meja rias yang dapat dilipat, hingga open wardrobe untuk memaksimalkan sisa ruang kecil yang kosong.

Berpindah ke ruang tengah dan dapur, perabot multifungsi yang dihadirkan adalah sofa bed, kursi lipat, meja makan yang dapat diperpanjang, dan perabot yang dapat ditempel di dinding.

Store Manager IKEA Alam Sutera, Yulius Gideon Napitupulu menyatakan akan ada 130 produk dengan harga yang lebih rendah dari tahun sebelumnya. Harga tersebut akan berlaku hingga Maret 2020.

2 dari 3 halaman

Rencana Ekspansi Toko

Hingga sekarang, store perabot rumah yang sudah berdiri di Indonesia kurang lebih lima tahun ini hanya ada satu dan berlokasi di Alam Sutera, Tangerang. Namun, pada peluncuran katalog 2020, pihak IKEA juga mengumumkan bahwa mereka akan berekspansi ke tiga tempat lainnya.

Daerah yang akan menjadi tempat toko ini berdiri adalah Jakarta Garden City, Sentul, dan Bandung. Hal ini menandakan IKEA akan memiliki empat store di Indonesia per 2020 nanti.

Gerai yang berada di Sentul akan dibuka resmi pada akhir 2019, sedangkan di Bandung dan Jakarta Garden City baru akan dibuka pada akhir 2020.  Toko yang berada di Bandung dan Jakarta Garden City akan sama besarnya dengan toko yang ada di Alam Sutera. Hanya toko yang di Sentul yang akan lebih kecil.

Pembukaan cabang di kota lain dilihat dari sisi target dan permintaan masyarakat di beberapa kota tersebut. Selain itu, faktor pusat ekonomi juga menjadikan tiga kota itu sebagai pilihan mereka.

"Pusat perekonomian Indonesia kini masih berada di daerah sekitar Jakarta. Kami juga melihat dari sisi bisnis sehingga memilih kota yang masih dekat dengan Jakarta," ungkap Patrik Lindvall, Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk.

Sebelum membuka toko di daerah Jabodetabek, IKEA juga sudah meletakkan pick up point di Bekasi, Sentul, dan Surabaya yang sudah berjalan kurang lebih dua tahun. Pick up point ini dimaksudkan untuk memudahkan pembeli online mengambil barang pesanan yang tidak dipungut biaya pengiriman dan titik awal melakukan survei untuk ekspansi toko.

"Pick up point ini juga kayak perintis untuk melihat potensi dan respons masyarakat sudah tinggi belum terhadap kebutuhan IKEA. Jadi, bagian dari explorasi untuk pembukaan toko juga," tambah Eliza Fazia, Marketing Manager IKEA Indonesia kepada Liputan6.com.

Kendati demikian, IKEA tidak menutup kemungkinan untuk mengekspansi pembukaan store ke luar Pulau Jawa mengingat adanya pemindahan ibu kota ke Kalimantan dan mempertimbangkan perkembangan permintaan masyarakat. (Novi Thedora)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading