Sukses

Ketika Tukang Cukur Rambut se-Jawa dan Sumatera Bertanding Keahlian

 

Liputan6.com, Jakarta - Sambut HUT RI ke -74, puluhan tukang cukur mengikuti lomba cukur rambut atau hair battle di Summarecon Digital Center (SDC), Sabtu, 17 Agustus 2019.

"Momentum menyambut kemerdekaan Indonesia kami kemas dalam perlombaan, berbagi pengetahuan dan berbagi inspirasi," ujar Yopy Perdana Kusuma, founder dan CEO DKapster.

Kegiatan ini diawali dengan seminar nasional dan workshop. Sebagai pembicara adalah para jebolan The Cuts Indonesia seperti Hendra Hairock, Danu Paparazzi, Jacky Tibal, dan Babeh Barbershop.

Komunikasi dua arah antara peserta dan narasumber di kegiatan bertajuk "Bersama Membangun Harmoni dan Berkolaborasi Barbershop Maju, Kapster Sejahtera, dan Rakyat Bahagia" itu membuat suasana acara kian seru.

Acara kian seru ketika memasuki tahapan hair battle, lomba ini diikuti 70 peserta lomba yang berasal dari Jabodetabek, Jawa, hingga Sumatera. Para peserta beradu keahlian mencukur rambut dengan gaya dan kecepatan mencukur yang dinilai oleh tim juri.

"Hair battle memperebutkan hadiah berupa piagam dan uang tunai," kata Yopi.

Berbagai alat cukur digunakan sesuai dengan kemampuan. Ada yang pakai gunting atau manual, sampai yang menggunakan elektrik atau mesin.

"Tema battle cukur adalah teknik mencukur klasik atau yang biasa disebut cukur ideal, di mana tidak hanya teknik, namun attitude pun menjadi penilaian, gestur, wajah, dan sentuhan terhadap konsumen," dia menerangkan.

Melalui persaingan ketat, keluarlah nama pemenang. Ia adalah tukang cukur asal Serang, Banten, bernama Tedi.

 

 

2 dari 3 halaman

Bukan Hanya Lomba

Yopy menuturkan, selain berbagi pengetahuan dan berbagi inspirasi untuk memajukan industri digital, momentum ini untuk mempererat tali silaturahmi antar para pemilik barbershop dan kapster.

"Kami ingin membangun suatu ekosistem digital yang luar biasa dan saling sinergi. Karena zaman sekarang ini bukan saling bersaing, tapi kolaborasi untuk menyatukan UMKM yang menjadi daya dobrak bagi dunia industri yang pesat ini," jelasnya.

Target utama DKapster saat ini adalah menjaring mitra kerja sebanyak-banyaknya. Yopy mengatakan, mitra kerja terus bertambah sejak aplikasi DKapster yang memberikan pelayanan memotong rambut dengan memesan kapster secara daring atau online diluncurkan sejak dua tahun lalu.

"Berdasarkan data, hingga sekarang mitra kami sudah mencapai ratusan. Pelayanan kami kemarin baru tersedia di Jabodetabek, sekarang sudah mulai melayani senasional," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita Akhir Pekan: Sejarah dan Perkembangan Tukang Cukur di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Cerita Akhir Pekan: Mengulik Budaya Pijat Setelah Cukur Rambut