Sukses

3 Rahasia Buat Bakso Goreng agar Tak Kempes

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam sajian menggugah selera yang dapat dibuat dari olahan daging seperti bakso goreng. Masakan ini paling nikmat jika ditambah dengan saus tomat dan saus sambal atau disantap bersama kuah hangat.

Ingin membuat bakso goreng sendiri di rumah? Caranya pun tak terlalu sulit. Namun terkadang karena proses penggorengan yang kurang tepat, bakso goreng justru malah kempes.

Lantas, apa saja rahasia agar bakso goreng tidak kempes? Yuk, simak selengkapnya seperti dirangkum Fimela.com di bawah ini.

1. Adonan Bakso Harus Digiling Halus

Adonan untuk membuat bakso goreng harus dibuat benar-benar lembut. Bukan tanpa alasan, tetapi cara ini bertujuan saat digoreng, bakso dapat mekar dan matang dengan sempurna.

Anda juga dapat menambahkan telur ke adonan. Penting diperhatikan agar tidak menambah telur terlalu banyak karena akan membuat adonan terlalu basah dan mudah kempes.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Goreng dengan Banyak Minyak dan Api Kecil

Menggoreng bakso goreng ada baiknya memakai banyak minyak karena bakso akan mengembang dan mekar saat digoreng. Pastikan Anda tidak memasukkan terlalu banyak bulatan bakso dalam setiap sesi penggorengan.

Lalu, gunakan api kecil agar matanya merata. Meski proses penggorengannya akan memakan waktu yang lebih lama, nanti hasilnya dapat lebih empuk dan tidak kempes setelah matang.

3. Goreng dengan Dibolak-balik

Selama proses penggorengan, bakso harus terus dibolak-balik. Dengan cara demikian, bakso akan mekar sempurna dan setelah ditiriskan tidak mudah kempes.

Jika bakso goreng kempes saat sudah dingin, Anda dapat kembali menggorengnya. Disarankan bakso goreng dinikmati selagi hangat untuk mendapatkan sensasi renyah dan gurih. (Endah Wijayanti/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.