Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Selain Tangkuban Parahu, Ada 6 Kawasan Wisata Alam Menarik di Bandung

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan wisata di Bandung Utara, Gunung Tangkuban Parahu di Subang, Jawa Barat mengalami erupsi pukul 15.48 WIB, Jumat , 26 Juli 2019. Kolom abunya mencapai ketinggian sekitar 200 meter di atas puncaknya.

Situasi tersebut membuat masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu baik pengunjung, wisatawan maupun pendaki tidak diperbolehkan turun mendekati dasar kawah Ratu dan Kawah Upas. 

Mereka juga tidak boleh menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam komplek Gunung Tangkuban Parahu. Buat Anda yang sudah berencana menghabiskan liburan di kawasan tersebut, tentu harus membatalkan rencana tersebut.

Tapi kalau ingin tetap ke Bandung atau sudah berada di sekitar Bandung, masih ada sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ada enam rekomendasi tempat wisata alam menarik di kawasan Bandung.

Kawah Putih

Di arah Bandung Selatan ada Taman Wisata Alam Kawah Putih yang berada di kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Kalau mengunjungi tempat ini, Anda dapat menikmati udara sejuk di tengah hutan.

Kawahnya tampak berwarna putih kebiruan dengan pasir putih terhampar cocok bagi yang suka mengabadikan gambar dengan kamera. Selain itu di sekitar kawah putih juga terdapat pulau-pulau pasir yang bisa dijelajahi pengunjung.

Keindahan tempat ini berhasil memukau banyak orang dan sudah beberapa kali digunakan sebagai tempat syuting film dan video klip serta pemotretan pre-wedding.  Jam operasional destinasi wisata alam ini dimulai pukul 7 pagi hingga 5 sore.

Situ Patenggang

Tidak jauh dari Kawah Putih, terdapat wisata Situ Patenggang yang juga tidak kalah menarik. Suasana pegunungan dan perkebunan teh, menjadi daya tarik Situ Patenggang. Salah satu tempat wisata di Ciwidey ini juga terkenal akan legenda yang ada di sana.

Nama Situ Patenggang berasal dari kata pateang-teang yang berarti saling mencari. Legenda Situ Patenggang memang tidak lepas dari sebuah cerita percintaan. Situ Patenggang terletak kurang lebih 5 kilometer dari wisata Kawah Putih.

Selain hamparan pegunungan dan kebun teh, Situ Patenggang juga terkenal akan danaunya.Fasilitas lain juga dapat kamu nikmat seperti restoran, penginapan, gazebo, toko souvenir, masjid, dan masih banyak lagi.

Untuk menuju ke Situ Patenggang, Anda bisa menggunakan transportasi umum atau transportasi pribadi. Tiket masuk menuju tempat wisata ini juga cukup terjangkau.

2 dari 4 halaman

Pemandian Air Panas Ciater

Tempat pemandian air panas ini sudah sangat terkenal. Pemandian Air Panas Ciater terletak di Desa Nagrak, Kabupaten Subang yang berjarak sekitar 5 kilometer dari Gunung Tangkuban Parahu.

Sumber air panas ini merupakan tempat wisata di Bandung ini sudah lama jadi favorit banyak orang.  Kawasan wisata air ini juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan karena airnya yang sudah di teliti mengandung unsur-unsur yang baik bagi tubuh.

Daya tarik wisatanya sekarang bukan hanya kolam air panas. Ada berbagai wahana, fasilitas olahraga, camping ground, outbond, sampai spa dan restoran.

Selain lokasinya sangat nyaman dan bisa dijadikan tempat hang out bersama teman dan keluarga, udaranya pun sejuk dan sangat bagus untuk kesehatan. Selain itu, kita dapat melihat hamparan hijaunya kebun teh yang luas.

Dusun Bambu Family Leisure Park

Dusun Bambu Family Leisure Park adalah sebuah resor dan juga tempat wisata yang berada di kaki Gunung Burangrang, Cisarua, Lembang. Keunikan yang dimiliki tempat wisata ini bisa kamu lihat dari sebuah danau besar yang dikelilingi bangunan pondokan yang terbuat dari bambu di tepiannya.

Karenna pemandangannya yang sangat romantis itu, tak heran jika tempat ini juga sering digunakan untuk foto pre-wedding. Kawasan Dusun Bambu merupakan salah satu tempat wisata di Lembang yang banyak disukai wisatawan.

Lokasi ini menawarkan wisata alam dan kuliner yang dilengkapi berbagai wahana permainan. Tak ketinggalan spot-spot cantik untuk penggila swafoto maupun fotografi.

3 dari 4 halaman

Taman Wisata Maribaya

Terkenal dengan air terjun Curug Maribaya, Taman Wisata Maribaya berlokasi di Jalan Maribaya, Lembang, Bandung Barat. Selain dapat diakses dengan mudah melalui Lembang, taman ini juga bisa dicapai melalui jalan setapak dari Taman Hutan Raya.

Di tempat ini Anda bisa berjalan melintasi jalur hutan sambil menghirup segarnya udara pegunungan. Begitu mendekati air terjun, anda akan langsung bisa merasakan betapa dingin dan segarnya percikan air yang mengenai tubuh disertai aroma hutan nan alami.

Untuk mengistirahatkan kaki yang letih setelah menempuh perjalanan, Taman Wisata Maribaya juga memiliki kolam mata air panas, yang juga diyakini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Perkebunan Teh Malabar

Perkebunan Teh Malabar adalah hamparan kebun teh di dataran tinggi dengan suasana asri dan latar belakang pegunungan yang sangat menarik untuk jadi spot foto yang memukau.

Undakan-undakan perkebunan teh yang kaya dengan warna hijau bisa ditemukan di tempat ini. Di perkebunan teh ini Anda cukup bebas untuk berkelana baik berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan.

Perkebunan yang paling luas dan besar di kota yang berikonik Gedung Sate ini ini terletak sekitar 10 kilometer dari Pasar Pangalengan, Bandung, hingga menemukan gerbang masuk.  Karel Rudolf Bosscha yang dianggap sebagai pendiri perkebunan menjadi sosok penting yang akan selalu dikenang.

Selain alamnya yang asri, udara yang bersih dan segar, serta hamparan pohon-pohon teh yang berbaris rapi, menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Jadi selain kawasan Tangkuban Parahu, masih banyak kawasan wisata alam menarik lainnya di Bandung, Jawa Barat.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Daerah Ini Ingin Gabung ke Jakarta
Artikel Selanjutnya
Menteri Jonan: Permukaan Tanah Jakarta Sudah Turun 40 Meter