Sukses

Seruput Nikmat Kopi Goh Leng, Kombinasi Tradisional dan Modern di Satu Nampan

Kopi Goh Leng menyajikan kopi hitam panas dan kopi susu es yang banyak digemari.

Liputan6.com, Jakarta - Minum kopi jadi kebiasaan banyak orang di banyak daerah di Indonesia, salah satunya di Padang, Sumatera Barat. Seperti dilakukan kaum peranakan. Mereka minum kopi di kedai-kedai mulai dari pagi hingga malam.

Hal itu dilatarbelakangi oleh tradisi minum kopi yang dibawa oleh pendatang dari daratan Tiongkok yang kemudian menjadi budaya di Padang hingga kini. Budaya minum kopi itu kemudian dibawa oleh Chef Marco Lim dalam bentuk yang lebih modern yang diberi nama Kopi Goh Leng.

"Nama itu saya ambil dari nama buyut saya di Padang. Saya punya toko di Padang, tapi lebih dikenal namanya Goh Leng," ujar Marco kepada Liputan6.com di Pacific Place, Jakarta, Senin, 15 Juli 2019.

Kopi Goh Leng yang merupakan bagian dari Restoran Marco Padang, membawa konsep perpaduan antara budaya tempo dulu dan modern. Salah satunya melalui cara penyajian yang menggunakan gelas wine.

"Cara penyajiannya pun menggunakan gelas wine agar aroma kopi lebih ke luar. Itu inspirasinya dari Milan, di sana kedai-kedai kopi menyajikannya dengan gelas wine," ujar General Manager PT Artisan Kuliner Nusantara, Santi Sandra Widjaja.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Jenis Kopi

Di Kopi Goh Leng, ada dua jenis kopi yang disajikan; kopi hitam panas dan kopi es. Keduanya menggunakan kopi robusta yang berasal dari Sumatera.

"Diproses secara tradisional dan khas yakni dengan Nanyang style sehingga memberikan aroma kuat pada kopinya dan juga warnanya yang menghitam," kata Santi.

Racikannya pun terbilang unik karena dimasak dengan menggunakan teko tembaga yang menjadi ciri khas pedagang kopi di Kota Padang. Hal tersebut dilakukan Kopi Goh Leng untuk mempertahankan keotentikan dan mempertahankan rasa tradisionalnya.

Supaya rasa kopinya tak terlalu pahit, pengunjung bisa menambahkan kopi itu dengan gula putih dan gula aren. Selain itu, bisa juga makan sagon yang telah disiapkan.

Kopi Goh Leng, baik kopi hitam panas maupun kopi esnya cocok sekali dinikmati dengan kudapan khas tempo dulu seperti Martabak Kelapa yang merupakan menu side dish. Kopi Gong Leng bisa dinikmati dengan harga terjangkau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.