Sukses

Selain Garuda, Rius Vernandez Juga Mengulas Fasilitas di Maskapai Lain

Liputan6.com, Jakarta - Nama Youtuber Rius Vernandez mendadak jadi bahan pembicaraan dan berita di Indonesia. Hal itu bermula dari unggahan foto tulisan tangan pramugari Garuda Indonesia di akun Instagramnya pada 13 Juli 2019.

Dalam video tersebut, Rius menyorot menu makanan yang ditulis di kertas biasa. Sang pramugari beralasan kertas menu yang resmi belum selesai dicetak sehingga ia berinisiatif untuk menuliskannya di kertas.

Rius juga menuliskan kalau ia selalu melihat daftar menu saat mau me-review makanan di beberapa maskapai penerbangan yang pernah dinaiki dan diulasnya. 

Unggahan itu ternyata berbuntut panjang. PT Garuda Indonesia melaporkan dua Youtubers Rius Vernandes dan Elwiyana Monica atas dugaan pencemaran nama baik pada Selasa, 16 Juli 2019.

Rius sendiri memang dikenal sebagai Youtuber spesialis miles atau poin yang diberikan maskapai penerbangan yang bisa dikumpulkan untuk mendapatkan penerbangan gratis. Kontennya termasuk populer karena saat ini sudah memiliki lebih dari 488 ribu subscriber.

Selain itu, ia sering menikmati layanan business class atau first class di berbagai maskapai penerbangan nasional maupun internasional dan mengulas layanannya dari berbagai sisi, terutama soal makanan.

Bidang kuliner memang jadi keahian Rius. Ia sudah cukup lama menekuni bidang kuliner dan pernah menjadi asisten Chef Arnold saat masih di Australia.  Bahkan salah satu juri program Masterchef Indonesia ini kerap muncul di konten video Rius sambil mengulas makanan yang dihidangkan di pesawat.

Selain itu, Rius juga menekuni bisnis kuliner dengan membuka usaha restoran bernama Sec Bowl. Restoran ini menjual berbagai variasi rice bowl dan sudah punya beberapa cabang.  Dalam beberapa videonya juga terlihat tunangannya, Elwiana yang ternyata bekerja sebagai pramugari di maskapai Singapore Airlines.

2 dari 3 halaman

Mengulas Fasilitas dan Makanan

Di akun Youtube nya, beberapa maskapai penerbangan yang pernah diulas Rius antara lain, Singapore Airlines, Japan Airlines, Oman Air, Lion Air dan Batik Air.

Dalam video tersebut, Rius memang selalu melihat daftar menu terlebih dulu untuk memesan maupun mencicip makanan yang sudah disediakan. 

Salah satunya bisa kita lihat dalam video unggahannya di Youtube pada 17 Maret 2019. Saat itu ia mengulas fasilitas serta makanan di kelas bisnis di pesawat Japan Airlines.  Ia sangat puas dengan fasilitas yang ada, terutama jendelanya yang bisa diatur kecerahannya.

Meski begitu, untuk makanannya imenilainya biasa saja, kecuali menu Smoke Duck Salad yang jadi favoritnya. "Ini saladnya paling enak banget karena pake sweet dressing, tapi makanan lainnya ya biasa aja kayak Jepang-jepangan gitu," ujarnya.

Dalam unggahan terakhirnya pada 14 Juli 2019, Rius sempat membahas makanan yang disediakan oleh Garuda. Ia memuji makanannya yang menurutnya sangat Indonesia dan rasanya medok. Bagi Rius, itu yang jadi kelebihan Garuda yaitu membuatnya serasa berada di rumah atau di Indonesia meski sedang berada di luar negeri.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Direksi Garuda Indonesia Tabur Bunga di Makam Pahlawan Tanpa Nama
Artikel Selanjutnya
Garuda Indonesia Kembali Terbang ke Hong Kong