Sukses

6 Wisata Hutan Pinus Mengagumkan yang Sayang Dilewatkan

Hutan pinus di berbagai daerah Indonesia menjadi salah satu destinasi bagi para penikmat keindahan alam.

Liputan6.com, Jakarta - Bicara tempat wisata di Indonesia tak ada habisnya, apalagi yang menyuguhkan pemandangan alam. Salah satu destinasi yang makin populer dikunjungi adalah wisata hutan pinus.

Beberapa hutan pinus sudah digarap dengan baik oleh warga setempat demi kenyamanan para wisatawan. Meski begitu, kondisi alaminya tetap dipertahankan agar tak hilang. Liputan6.com merangkum enam wisata hutan pinus yang layak untuk dikunjungi dari berbagai sumber, Senin, 1 Juli 2019.

1. Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta

Dilansir dari akun Instagram @hutanpinusmangunan, Hutan Pinus Mangunan berlokasi di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Tempat ini memang populer sebagai lokasi berburu foto dan juga prewedding. Deretan pinus yang tumbuh teratur sangat menarik perhatian berbagai wisatawan.

Suasana sejuk serta pemandangan pohon pinus yang menjulang tinggi menjadi keunikan tersendiri bagi wisata alam ini. Saat diselimuti oleh kabut, pemandangannya menjadi sangat memukau seperti berada di luar negeri.

Wisata Hutan Pinus ini juga dilengkapi berbagai fasilitas seperti spot berfoto, area outbond, camping ground, hammock dan juga jeep wisata. Jika  Anda ingin berkunjung ke tempat wisata ini akan dikenakan tarif sebesar Rp3 ribu.

Jam operasional atau jam buka hutan pinus dibuka setiap hari, mulai pukul 06.00-17.30. Untuk tarif parkir di wisata Hutan Pinus Mangunan dikenakan sebesar Rp2 ribu untuk kendaraan roda dua dan sebesar Rp5 ribu untuk kendaraan roda empat. Namun, untuk kendaran jenis lain yang lebih besar dikenakan tarif dua kali lipat.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Hutan Pinus Gunung Pancar, Bogor

Dilansir dari laman www.gunungpancar.co.id, tempat wisata ini berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Hutan Pinus Gunung Pancar menjadi tempat incaran para wisatawan lewat keindahan pohon pinusnya

Hutan Pinus Gunung Pancar sangat cocok untuk dikunjungi oleh para pencinta alam khususnya yang suka kemping di daerah pegunungan. Wisata ini menyuguhkan pemandangan pohon pinus yang membuat pengunjung lupa akan hiruk pikuk macetnya perkotaan.

Kawasan wisata ini juga sering dijadikan tempat glamping, gathering, pelatihan kepemimpinan dan kegiatan outdoor lainnya. Selain itu, lokasi ini juga sering digunakan untuk foto prewedding.

Tarif masuk di tempat ini sebesar Rp5 ribu/orang saat hari kerja dan Rp7.500/orang saat akhir pekan atau libur nasional. Untuk parkir kendaraan roda dua dikenakan tarif sebesar Rp5 ribu pada hari kerja dan Rp7.500 saat akhir pekan atau hari libur. Sedangkan, untuk kendaraan roda empat seperti mobil dikenakan tarif sebesar Rp10 ribu pada hari kerja dan Rp15 ribu saat akhir pekan.

3 dari 6 halaman

3. Hutan Pinus Malino, Makassar

Hutan Pinus Malino merupakan salah satu destinasi alam yang diburu para wisatawan lewat keindahan pohon pinus yang menjulang tinggi. Wisata ini berlokasi di Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Hutan Pinus Malino sangat cocok dikunjungi bagi yang menyukai hobi traveling dan juga piknik karena tempat ini masih sangat sejuk dan juga asri.

Berbagai spot foto menarik juga terdapat di tempat wisata ini seperti bunga matahari dan juga tempat duduk yang dibuat dari kayu menyerupai sangkar burung. Hal ini sangat menarik berbagai pengunjung untuk berlibur sambil menikmati indahnya pemandangan pohon pinus.

Hutan Pinus Malino juga menyediakan berbagai wahana seperti flying fox dan juga sepeda gantung yang membuat liburan menjadi sangat menyenangkan. Pengunjung juga dapat berkeliling menggunakan kuda sambil menikmati keindahan yang ada.

Untuk tarif masuk, dikenakan biaya sebesar Rp3 ribu. Untuk harga parkir di wisata Hutan Pinus Mangunan dikenakan tarif sebesar Rp2 ribu untuk kendaraan roda dua dan sebesar Rp5 ribu untuk kendaraan roda empat seperti mobil.

4 dari 6 halaman

4. Hutan Pinus Kragilan, Magelang

Berlokasi di Desa Kaponan, Pogalan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah, Hutan Pinus ini menjadi tempat unggulan untuk berfoto. Pasalnya tempat wisata ini tak hanya menyuguhkan keindahan pohon pinusnya namun juga berbagai spot foto menarik tersedia disini.

Selain menyuguhkan pemandangan pohon pinusnya, tempat wisata ini juga menampilkan keindahan Gunung Merbabu yang terlihat sangat dekat sehingga terasa suasana sejuk dan asri di tempat ini. Tempat ini juga sering digunakan untuk pemotretan prewedding, foto lanskap, foto perpisahan kelas, bahkan foto bersama dengan keluarga.

Pengunjung dapat menikmati keindahan Hutan Pinus Kragilan sambil menuruni lereng hutan pinus dan menuju Sungai Selo Tumpang. Pemandangan lereng yang indah serta pohon pinus yang teduh memberikan suasana hangat dan tenteram bagi para pengunjung.

Berkunjung ke Hutan Pinus Kragilan akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp3 ribu. Sedangkan, biaya parkir Rp2 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp5 ribu untuk kendaraan roda empat seperti mobil.

5 dari 6 halaman

5. Hutan Pinus Nongko Ijo, Madiun

Berlokasi di Desa Kare, Kecamatan Kare, Madiun, Jawa Timur, terdapat salah satu tempat wisata yang meyuguhkan keindahan pohon pinusnya yaitu Hutan Pinus Nongko Ijo. Tempat ini menarik berbagai wisatawan lewat keindahan pohon pinus yang disuguhkan.

Berada di bawah kaki Gunung Wilis, membuat suasananya sejuk dan asri. Hawa pegunungan pun sangat terasa. Tak heran jika banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk berlibur maupun sekadar menghilangkan penat. Pohon pinus yang menjulang tinggi dan rindang menambah kesan tersendiri dan membuat para pengunjung betah berlama-lama

Tempat wisata ini juga menyediakan area perkemahan bagi para pengunjung yang suka berkemah dan menyediakan warung makan agar pengunjung yang datang tidak perlu jauh-jauh membeli makanan saat lapar. Wisata ini juga dilengkapi berbagai spot menarik untuk para pengunjung berfoto seperti rumah pohon, ayunan, hingga pigura foto.

6 dari 6 halaman

6. Hutan Pinus Songgon, Banyuwangi

Wisata Hutan Pinus yang satu ini berlokasi di bawah kaki Gunung Raung, Desa Sumberbuluh, kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Wisata ini terkenal dengan pemandangan hutan pinusnya yang sangat eksotis dan indah.

Di tempat ini juga tersedia berbagai spot untuk selfie seperti rumah pohon dalam berbagai bentuk dan ukuran, lampion warna warni, payung yang digantung diantara pepohonan, daun pintu dengan bunga cantik, hingga ayunan yang menjadi andalan para pengunjung untuk mengabadikan momennya.

Di tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas mobil jeep untuk para pengunjung berfoto sambil menikmati keindahan yang ada di Hutan Pinus Songgon. Mobil tersebut menjadi tempat paling favorit untuk berfoto karena tak hanya memberikan kesan menarik, tapi juga keren dan beda. (Devita Nur Azizah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.