Sukses

5 Manfaat Penting Minum Susu Setelah Olahraga yang Wajib Diketahui

Ternyata susu jadi minuman yang paling banyak diminum setelah olahraga.

Liputan6.com, Jakarta - Susu yang berasal dari hewan seperti sapi memiliki manfaat luar biasa. Kandungan makronutrien seperti karbohidrat, protein, lemak esensisal, berbagai vitamin, dan mineral, seperti kalsium dan fosfor, sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun, nutrisi itu perlu juga ditunjang dengan olahraga.

"Kalau kita hanya mengonsumsi kalsium tanpa ditunjang dengan olahraga, maka tidak ada umpan balik untuk tulang. Dengan hentakkan kaki atau tarikan otot itu lah yang membuat tulang itu bertambah," ujar Grace Joselini, dokter yang pernah membantu Timnas Sepak bola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018, di FX Sudirman, Rabu, 15 Mei 2019.

Grace biasa menyarankan para atlet yang ditanganinya untuk minum susu setelah berolahraga. Utamanya setelah olahraga dengan intensitas yang berat. 

Ia mengungkapkan terdapat lima manfaat yang harus didapatkan setelah Anda berolahraga. Pemulihan tubuh bisa didapatkan dari makanan maupun minuman. "Susu itu baik karena sekarang susu dijadikan number one post workout nutrient (nutrisi utama setelah olahraga)," ujarnya. 

Berikut lima prinsip yang harus didapatkan setelah berolahraga.

1. Re-Energize

Olahraga bisa membuat tubuh kehilangan energi. Susu membantu untuk mengembalikan energi karena mengandung karbohidrat, terutama bagi atlet atau orang yang gemar olahraga lari jarak jauh, sepak bola, maupun basket. Cadangan glikogen yang hilang harus terisi kembali dengan karbohidrat yang terdapat di dalam susu.

2. Re-Vitalize

Setelah lama berolahraga, tubuh perlu revitalisasi atau menghidupkan kembali tubuh agar bugar dengan asupan vitamin dan mineral. Tubuh tidak akan bisa bekerja bila tidak ditunjang dengan minuman dan makanan yang terdapat vitamin dan mineral yang cukup. Susu mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, D, B6, dan B12, riboflavin, serta folat. Mineral yang terkandung berupa kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan seng.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Re-Build

Protein juga diperlukan untuk membangun otot. Dengan olahraga namun tidak mengonsumsi protein, massa otot dapat berkurang, apalagi untuk atlet atau orang yang membentuk badannya. Kandungan protein dalam susu mampu membantu tubuh agar tidak kehilangan massa otot setelah berolahraga.

4. Re-Oxygenate

Oksigenasi pun diperlukan setelah berolahraga. Glutation yang terkandung dalam susu tidak hanya bersifat antioksidan, namun juga bermanfaat untuk mengoksigenasi tubuh. Susu mengandung glutation tinggi yang sangat baik dikonsumsi setelah berolahraga.

5. Re-Hydrate

Hidrasi sangat penting untuk mereka yang berolahraga. Susu dapat membantu untuk mengganti cairan yang hilang setelah berolahraga, terutama setelah olahraga berat. Tak hanya menghidrasi, kandungan di dalamnya pun sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.(Fairuz Fildzah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.