Sukses

4 Alternatif Susu yang Cocok untuk Diet Anda

Susu sapi yang mengandung lemak bisa Anda hindari dengan mengonsumsi pilihan susu dari tumbuhan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Minum susu setiap hari tentu menyehatkan. Masyarakat Indonesia biasa mengenal susu bubuk, cair, dan kental. Susu yang banyak dikonsumsi pun merupkan susu sapi.

Tidak banyak orang yang tahu mengenai alternatif susu yang terbuat dari tumbuhan. Bahkan susu yang bukan dari produk sapi ini rendah lemak sehingga cocok untuk diet Anda. Berikut jenis-jenis susu selain susu sapi yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

Susu Almond

Bila Anda memiliki alergi pada susu sapi dan susu kedelai, susu almond bisa menjadi alternatifnya. Susu almond memiliki kalori yang rendah serta vitamin D dan B12. Sayangnya, susu ini rendah protein dan kalsium.

Susu almond lebih creamy dibandingkan susu sapi tanpa lemak. Rasanya yang khas kacang serta biasa dicampur dengan vanila membuat susu ini menjadi salah satu non-dairy milk favorit.

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Susu Kedelai

Seperti namanya, susu ini terbuat dari kacang kedelai yang dihaluskan lalu campur dengan air dan bahan lainnya. Susu kedelai yang tidak diberi gula kaya akan nutrisi, rendah kalori dan lemak jenuh, serta tinggi protein.

Rasanya cukup creamy membuatnya sangat lezat. Terkadang ada pula yang ditambahkan perisa seperti vanila. Bisa dijadikan campuran untuk sereal, smoothie, bahkan untuk bahan membuat kue.

3 dari 4 halaman

Susu Kelapa

Minuman yang satu ini sama seperti yang biasa orang gunakan untuk bahan masakan yaitu santan. Susu kelapa memiliki rasa yang gurih serta tekstur yang kaya. Bisa diminum sebagai campuran teh maupun kopi.

Susu ini ini memiliki lemak yang paling tinggi dibandingkan alternatif susu sapi lainnya. Kalsium serta proteinnya pun rendah. Namun, susu ini mengandung kalsium serta vitamin D dan B12.

 

4 dari 4 halaman

Susu Kacang Mede

Susu yang satu ini termasuk alternatif varian baru. Susu tanpa pemanis ini sangat rendah kalori dan beberapa merk diperkaya dengan kalsium. Mirip dengan susu almond, rasa kacangnya terasa namun lebih creamy. (Fairuz Fildzah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.