Sukses

Memutihkan Gigi dengan Bubuk Arang, Ampuhkah?

Liputan6.com, Jakarta - Charcoal powder atau bubuk arang banyak dijual dengan iming-iming dapat memutihkan gigi. Di sisi lain, kebiasaan minum kopi atau teh serta tidak menyikat gigi dapat membuat gigi berwarna keruh bahkan kuning.

Arang aktif dalam bubuk arang berupa serbuk hitam halus terbuat dari berbagai bahan alami, seperti batok kelapa, zaitun, gambut, dan kayu yang dibakar.

Gigi kuning dianggap tidak membuat cantik penampilan. Akhirnya cara-cara seperti memutihkan dengan bubuk arang pun dilakukan. Namun, benarkah bubuk arang bisa membuat senyum Anda tambah cantik dengan gigi putihnya?

Dilansir dari Health Line, Jumat, 19 April 2019, struktur arang yang terkadang abrasif bisa merusak daripada memutihkan gigi. Terlepas dari popularitasnya, tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan manfaat arang aktif untuk gigi. Namun, arang memang terbukti bisa menghilangkan noda gigi dan memutihkan gigi.

2 dari 3 halaman

Senyum Cantik dengan Bubuk Arang

Jika Anda ingin mencoba bubuk arang untuk memutihkan gigi, Anda tinggal mencampurnya dengan air hingga menjadi pasta. Menggunakannya bisa dengan sikat gigi yang dibasahi air atau dengan jari saja.

Hati-hati dalam penggunaan arang bubuk karena penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan erosi atau terkikisnya lapisan enamel pada gigi.

Dalam penggunaannya jangan balurkan bubuk arang ke gigi dalam waktu yang lama. Lebih baik gunakan jari untuk menggosok agar mengurangi potensi abrasi pada gigi. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba untuk memutihkan gigi dengan bahan ini. (Fairuz Fildzah)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading