Sukses

Deretan Manfaat Makan Serangga yang Wajib Anda Ketahui

Serangga menyeramkan bagi sebagian orang, tapi ternyata serangga juga banyak manfaatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Teringat lebah di taman belakang rumah yang bisa menyengat, atau kecoak yang entah datang dari mana di toilet. Serangga kerapkali menjadi momok bagi sebagian orang.

Sebagian orang menganggap serangga itu menyeramkan dan menjijikan. Namun, bagi sebagian lain ada yang mengonsumsi serangga dengan berbagai alasan seperti kebiasaan atau kesehatan.

Di Indonesia, kebiasaan makan serangga seperti belalang goreng di Gunung Kidul, Yogyakarta, jangkrik goreng khas Ciamis, peyek laron di Jawa Timur, sate ulat sagu di Papua, dan botok lebah di Jawa Timur.

Dilansir dari Insider, Jumat, 12 April 2019, ternyata serangga memiliki berbagai manfaat yang jarang diketahui banyak orang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Serangga

Nutrisi Tinggi

Serangga mengandung vitamin dan zat gizi seperti B12, zat besi, mangan dan kalsium. Serangga pun kaya nutrisi dan rendah kalori. Sangat cocok bagi Anda yang sedang melakukan diet atau menghindari obesitas.

Faktanya, serangga pun sangat baik untuk kesehatan usus dan pencernaan karena kaya akan serat prebiotik. B12 yang terkadung dalam serangga baik untuk kesehatan tulang dan meningkatkan energi.

Zat besi penting untuk memproduksi sel darah merah serta mangan penting untuk menjaga sistem saraf dan otak.

Baik untuk Lingkungan

Tak hanya sehat bagi tubuh, diam-diam serangga pun bermanfaat bagi lingkungan. Peternakan tradisional menyumbang 18 persen emisi gas rumah kaca. Peternakan serangga menghasilkan seratus kali lebih sedikit gas rumah kaca dibanding peternakan sapi.

Makanan dan minuman yang dikonsumsi serangga pun tak sebanyak sapi atau kambing. Serangga juga bereproduksi dengan sangat cepat sehingga bisa menguntungkan.

Bisa Dinikmati dengan Berbagai Cara

Bila Anda ingin makan serangga namun merasa aneh dengan memakan langsung seluruh bagian, ada berbagai cara untuk mengonsumsinya.

Bila tidak berani makan dengan melihatnya secara utuh, Anda bisa mengolahnya seperti pizza yang ditaburi serangga, dicampur ke dalam smoothie atau dicampur dengan sayur.

Di Amerika, terdapat perusahaan bernama Ento Market yang menjual berbagai olahan serangga seperti tepung jangkrik, cokelat jangkrik, dan keripik jangkrik. (Fairuz Fildzah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.