Sukses

6 Tempat Wisata di Purwakarta, dari Keindahan Alam Hingga Kemegahan Kota

Liputan6.com, Jakarta Berwisata merupakan salah satu kegiatan yang dapat melepas penat pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Selain itu, berwisata dengan keluarga dapat membangun hubungan harmonis satu sama lain.

Setiap daerah pasti memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu daerah yang memiliki wisata yang patut dikunjungi adalah Purwakarta.

Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Karawang di bagian Utara dan sebagian wilayah Barat, Kabupaten Subang di bagian Timur dan sebagian wilayah bagian Utara, Kabupaten Bandung Barat di bagian Selatan, dan Kabupaten Cianjur di bagian Barat Daya.

Berdasarkan data BPS Kab. Purwakarta, wilayah Kab. Purwakarta berdasarkan relief buminya dibagi menjadi tiga bagian yaitu pegunungan,perbukitan dan Danau serta daratan. Hal ini yang membuat Purwakarta memiliki potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Nah, jika Anda bertandang ke Purwakarta, tak ada salahnya untuk mampir sejenak ke tempat wisata di Purwakarta. Berikut tempat wisata di Purwakarta yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat(22/3/2019):

2 dari 7 halaman

Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur adalah sebuah waduk yang terletak di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Waduk Jatiluhur merupakan waduk serbaguna pertama sekaligus terbesar di Indonesia.

Waduk Jatiluhur dibangun dengan membendung Sungai Citarum dengan luas daerah aliran sungai seluas 4.500 km2. Bendungan ini dibangun mulai tahun 1957 dengan peletakan batu pertama oleh Presiden RI pertama Ir Soekarno dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 26 Agustus 1967.

Waduk Jatiluhur menawarkan pesona keindahan yang mengagumkan bagi siapapun yang mengunjunginya. Waduk Jatiluhur juga memiliki banyak spot foto cantik dengan keindahan alamnya yang memanjakan mata.

Jika ingin merasakan keindahan Waduk Jatiluhur dari sudut pandang berbeda, Anda bisa menikmatinya dari area Gunung Lembu. Di sana Anda dapat enikmati Waduk Jatiluhur dengan pemanadangan yang menghadap perahu-perahu nelayan.

3 dari 7 halaman

Taman Air Mancur Sri Baduga

Tak perlu jauh-jauh ke Singapura untuk menyaksikan air mancur ala Wing of Time Singapura, pasalnya Purwakarta,mempunyai air mancur yang diklaim sebagai air mancur terbesar di Asia Tenggara.

Taman Air Mancur Sri Baduga adalah salah satu kebanggaan warga Purwakarta. Taman ini berlokasi di Situ Buleud, Negeri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Objek wisata di Purwakarta ini merupakan tempat wisata yang indah dan harus kamu kunjungi saat berkunjung ke Purwakarta.

Pada sore hari kamu bisa berkunjung ke tempat ini sebagai tempat jogging yang menyenangkan dan rindang karena terdapat banyak pepohonan.

Saat malam hari, objek wisata di Purwakarta ini akan berubah menakjubkan dengan permainan lampu warna-warni. Keindahan langit gelap dengan perpaduan air dan lampu warna-warni melengkapi suasan malam Purwakarta yang indah.

4 dari 7 halaman

Urban Farming Purwakarta

Urban Farming Purwakarta menjadi salah satu tempat wisata di Purwakarta yang sedang hits beberapa waktu ini. Di tempat ini terdapat jajaran rumah khas Eropa lengkap dengan dekorasinya.

Saat mengunjungi tempat ini Anda bak sedang berada di negeri Eropa mini yang indah. Tak jarang Urban Farming dianggap sebagai tempat yang instagramable di Purwakarta.

Disini juga terdapat taman kelinci, perkebunan, bahkan Anda dapat membeli bibit tanaman seperti sayur dan buah. Urban Farming Purwak

5 dari 7 halaman

Hidden Valleyhills Purwakarta

Masih tergolong baru, tempat wisata di Purwakarta ini menawarkan villa, skypool dan resort yang bisa Anda nikmati bersama keluarga atau teman-teman. 

Tempat ini menawarkan pemandangan alam pegunungan yang tenang dan segar. Lokasi Hidden Valleyhills Purwakarta tepatnya berada di Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat. Daerah ini merupakan area dataran tinggi yang cukup luas. Dari atas ini Anda dapat menikmati pemandangan Gunung Lembu, Gunung Cupu dan Gunung Parang.

6 dari 7 halaman

Bukit Katumbiri

Bukit Katumbiri merupakan salah satu tempat wisata di P kekinian lainnya, Dibuka pada awal tahun 2018 lalu, tempat ini menjadi destinasi wisata yang cukup digemari.

katumbiri merupakan istilah dalam bahasa Sunda yang berarti pelangi. Lokasinya berada di Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Di sini Anda dapat menikmati hamparan perbukitan hijau dengan udara yang masih segar dan asri.

Seperti tempat kekinian lainnya, Bukit Katumbiri ini dilengkapi dengan gardu pandang, rumah pohon, jembatan buatan dan masih banyak lagi yang dapat menjadi spot foto ciamik.

7 dari 7 halaman

Gunung Bongkok

Tempat wisata di Purwakarta bernuansa alam lainnya adalah kawasan Gunung Bongkok. Tempat ini berlokasi di Cisarua, Kecamatan Tegal Waru, Purwakarta, Jawa Barat.

Disini Anda bisa menikmati keindahan bukit-bukit terjal yang luas. Suasananya yang sejuk dengan banyak pemandangan hijau bisa membuat tiap pengunjungnyya merasa tenang dan damai. Anda juga bisa menikmati keindahan sunrise di tempat ini. Ada banyak gardu pandang untuk pengunjug yang ingin berfoto kekinian juga, lho.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kenali Gejala Pneumonia (Radang Paru-paru), Penyebab dan Cara Pengobatannya
Artikel Selanjutnya
7 Momen Pangeran Harry dan Anak-anak, Sosok Calon Ayah Penyayang