Sukses

Memilih Vitamin yang Cocok untuk Perawatan Wajah Menurut Ahli Kecantikan

Liputan6.com, Jakarta - Vitamin adalah bahan alami yang cocok digunakan untuk perawatan kulit. Terlebih saat memilih produk tertentu Anda harus memerhatikan kandungan vitamin apa saja yang dapat memenuhi kebutuhan kulit.

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, vitamin juga dapat digunakan untuk nutrisi dalam perawatan kulit. Berikut beberapa vitamin yang dibutuhkan dalam perawatan wajah menurut ahli kecantikan.

Vitamin A

Vitamin yang bisa kita dapat dari makanan seperti wortel, kuning telur dan minyak ikan ini tidak hanya baik untuk kesehatan mata . Manfaat vitamin A dapat Anda dapatkan dalam produk perawatan kulit yang dengan kandungan retinoid.

“Vitamin A bisa mengurangi kerut, mengurangi masalah pigmentasi dan memperbaiki struktur kulit,” ujar dr.med Dwindi Saptania, Medical Director Evitderma di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa, 12 Maret 2019.

Manfaat vitamin A sebagai kandungan anti-aging dalam sebuah produk sudah sangat populer belakangan ini karena vitamin ini mampu menstimulasi produksi kolagen pada kulit. Kerutan dan garis halus muncul saat kolagen pada kulit rusak akibat paparan sinar ultraviolet (UV).

Vitamin B

Dokter Dwindi sendiri menjelaskan bahwa vitamin B adalah salah satu vitamin yang dapat membantu wajah menjadi lebih bersih dan kinclong. “Kulit-kulit mati jadi terbuang kemudian wajah jadi lebih segar,” tambah Dwindi.

Salah satu yang utama dari vitamin B adalah vitamin B3 yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Dalam sumber makanan vitamin ini dapat diperoleh dari kacang, ikan, telur, dan susu. Dengan vitamin B tersebut kita akan mendapatkan perawatan kulit yang lebih sehat dan lembab.

2 dari 2 halaman

Vitamin Lainnya Untuk Kecantikan Wajah

Vitamin C

Vitamin ini sangat dibutuhkan untuk perwatan kulit Anda. Biasanya dalam produk kecantikan vitamin C sering diolah menjadi serum untuk kecantikan. Kandungan dalam vitamin C sangat diperlukan untuk produksi kolagen dalam kulit. Kolagen adalah protein yang berperan untuk menjaga elastisitas kulit agar tetap kencang dan kenyal.

Dalam kesempatan itu, Dwindi Saptania menambahkan bahwa vitamin C memiliki khasiat penting sebagai pencerahan wajah. Selain dapat mengurangi warna gelap yang tidak diinginkan pada wajah, vitamin C juga dapat mengurangi  kemerahan yang terjadi akibat iritasi atau ketidakcocokan pada produk.

Vitamin D

Selain vitamin C, Dwindi menjelaskan tentang manfaat vitamin D.  Vitamin tersebut tak hanya dibutuhkan untuk kesehatan tulang,  kekurangan vitamin D dapat mengakibatlan infeksi dan iflamasi (peradangan). Kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan masalah jerawat pada wajah.

Wajah sangat membutuhkan vitamin D untuk proses regenerasi kulit.  Vtamin ini berperan untuk mengatur dan mengendalikan sejumlah zat dalam pembentukan dan pematangan sel. Adanya kandungan vitamin D dalam suatu produk juga dapat mempercepat sembuhnya luka dan jerawat. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah:

Wiranto Takjub Pendapatan Nelayan Tembus Rp 5 Juta Per Hari
Loading