Sukses

Ini Waktu Terbaik untuk Cuci Muka Saat Malam Hari, Bukan Sebelum Tidur

Liputan6.com, Jakarta Setelah melakukan banyak aktivitas seharian penuh, malam hari menjadi waktu yang baik untuk beristirahat. Sebelum kamu benar-benar istirahat, ada hal penting yang perlu kamu perhatikan. Yap, membersihkan wajah dari sisa makeup dan kotoran yang didapat setelah melakukan banyak aktivitas di luar rumah.

Seperti yang sudah diketahui, tidur dalam posisi masih mengenakan makeup atau wajah tidak bersih bukanlah hal yang baik. Oleh karena itu, disarankan untuk membersihkan wajah sebelum tidur.

Cara membersihkan wajah yang baik adalah dengan produk pembersih yang sesuai dengan jenis kulitmu dan memahami cara penggunaannya yang tepat.

Tak hanya memperhatikan produk pembersih wajah yang tepat, ternyata cara penggunaan yang tepat menjadi salah satu faktor penting dalam perawatan wajah. Nah, sebenarnya kapan sih waktu yang tepat untuk membersihkan wajah saat mau tidur?

2 dari 3 halaman

Waktu yang tepat untuk cuci muka di malam hari

Kalau kamu terbiasa melakukannya tepat sebelum pergi tidur di malam hari, ternyata itu bukanlah cara yang tepat. Dilansir Liputan6.com dari Purewow, Kamis (21/2/2019), membersihkan muka yang tepat adalah dilakukan lebih awal, saat matahari mulai terbenam.

Penelitian ilmiah juga mengatakan, sama halnya dengan tubuh, sel-sel kulit juga memiliki ritme sirkadian atau jam internalnya.

Inilah mengapa mekanisme perbaikan alami kulit mulai terjadi menjelang malam hari. Di mana sel-sel kulit induk bekerja keras menciptakan sel-sel baru untuk menggantikan dengan yang lama.

3 dari 3 halaman

Lakukan Cuci Muka Lebih Awal

Rutinitas membersihkan wajah yang dilakukan lebih awal akan membantu menjaga kulit agar tetap bekerja dengan baik. Menurut para peneliti di Pusat Regulasi Genomik, mempertahankan ritme sirkadian kulit dapat melindunginya dari kerusakan dan tanda-tanda penuaan.

Selain itu, kulit mu juga dapat memaksimalkan manfaat dari produk-produk perawatan kulit yang digunakan di malam hari. Untuk perawatan kulit di malam hari, kamu bisa gunakan produk seperti retional dan serum untuk memperbaiki kerusakan akibat paparan polusi di pagi hari.